Anjak Faktur

Cari tahu semua tentang anjak faktur, dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Anjak faktur ialah ketika Anda menjual faktur terutang atau piutang kepada perusahaan anjak (faktor).

Uang muka akan bervariasi, tetapi biasanya sebesar 70-90% dari total nilai faktur. Jumlah yang tersisa atau yang dikenal sebagai cadangan akan dibayarkan (dikurangi biaya anjak piutang) setelah pelanggan Anda membayar faktur secara penuh.

Biaya anjak piutang biasanya mencakup biaya pemrosesan sebesar 3% dan biaya faktor yang berkisar antara 1-6% persen dari jumlah totalnya.

Anjak faktur vs diskon faktur

Anjak faktur dan diskon faktur memiliki kesamaan karena kedua solusi pembiayaan ini didasarkan pada faktur yang beredar, sehingga dapat membingungkan Anda. Perbedaan utama antara kedua bentuk pembiayaan faktur ini adalah bahwa anjak piutang melibatkan penjualan faktur Anda kepada pihak ketiga, sementara diskon faktur tetap menjadikan Anda sebagai pemegang kendali atas piutang dan pembayaran akun Anda.

Bagaimana anjak piutang dapat membantu bisnis saya?

Anjak faktur paling cocok digunakan untuk mengatasi kebutuhan pembiayaan jangka pendek, seperti menutup biaya tak terduga, pembelian inventaris, atau kesenjangan arus kas. Anjak faktur tidak dimaksudkan untuk membiayai investasi skala besar, seperti proyek renovasi besar atau pembelian peralatan.

Apakah anjak piutang tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah persyaratan umum yang dapat membantu Anda menilai apakah anjak piutang sesuai untuk bisnis Anda:

  • Anda memerlukan dana dengan cepat: Dengan anjak faktur, Anda dapat memperoleh dana tertagih dalam faktur yang belum dibayar selama 30 hari atau lebih. Anda dapat memperoleh pembiayaan segera dalam satu atau dua hari sejak persetujuan permohonan Anda. Dengan demikian, anjak piutang cocok untuk pemilik usaha kecil yang membutuhkan dana dengan cepat.

  • Pelanggan Anda dapat diandalkan untuk membayar tepat waktu: Kemampuan pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran tepat waktu dapat berdampak pada dua hal, yaitu: kelayakan Anda untuk pengajuan anjak faktur dan total biaya anjak piutang yang akan Anda dapatkan. Pertama, Anda akan memiliki peluang bagus untuk mendapatkan persetujuan jika pelanggan Anda memiliki skor kredit yang baik; jika mereka memiliki riwayat pembayaran yang tidak baik, maka perusahaan anjak belum tentu berkenan mengambil faktur Anda. Karena biaya faktor yang dibebankan pada setiap minggunya cukup besar, maka Anda mungkin akan membayar sejumlah uang yang cukup besar terkait biaya faktor apabila pelanggan Anda lambat membayar.

  • Anda tidak memiliki riwayat kredit yang mapan: Perusahaan anjak piutang paling memperhatikan riwayat pembayaran pelanggan Anda. Dasar penilaian yang umumnya digunakan untuk memahami kelayakan pada jenis pinjaman lain seperti riwayat operasional atau skor kredit tidak terlalu mempengaruhi keputusan perusahaan faktor untuk mengambil faktur bisnis yang belum dibayar. Oleh karena itu, anjak piutang dapat menjadi opsi yang layak jika bisnis Anda tidak memiliki catatan kredit yang solid atau tidak dapat memenuhi syarat untuk solusi pembiayaan lainnya.

  • Anda bersedia berkolaborasi dengan mitra dalam proses piutang dan penagihan utang Anda:Meskipun bentuk komunikasi ke pelanggan akan berbeda-beda pada setiap perusahaan anjak piutang, hal ini masih menjadi aspek yang diperhatikan oleh pemilik usaha kecil ketika mengajukan permohonan anjak faktur. Pemilik usaha ingin mempertahankan hubungan positif dengan pelanggan mereka - dan karena itu, mungkin mereka khawatir tentang adanya perusahaan pihak ketiga yang akan berinteraksi untuk mengumpulkan pembayaran dari pelanggan mereka. Jika anjak faktur adalah opsi yang Anda pertimbangkan, Anda harus merasa nyaman menyerahkan sejumlah kontrol tertentu terkait dengan piutang dan proses penagihan utang Anda.

Beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan anjak piutang Anda

Perhatikan ketentuan pembayaran dan biaya tersembunyi

Seperti halnya jenis pembiayaan eksternal lainnya, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan ketentuan pembayaran dan memahami seluruh kemungkinan biaya yang mungkin Anda tanggung. Berikut ini adalah beberapa persyaratan dan biaya tersembunyi yang harus Anda perhatikan ketika mengajukan permohonan anjak faktur:

  • Ketahui perbedaan antara anjak piutang recourse dan non-recourse:Anda mungkin bertanggung jawab atas faktur yang belum dibayar, tergantung pada apakah Anda memilih anjak piutang recourse atau non-recourse. Dengan anjak piutang recourse, Anda diharuskan untuk membeli faktur yang belum dibayar atau jumlah yang terhutang dikurangi dari cadangan Anda secara penuh atau dicicil sampai dibayar penuh.

  • Perhatikan detailnya: Biaya anjak piutang yang rendah dapat menarik perhatian Anda, namun Anda harus memeriksa dengan teliti untuk memastikan bahwa perusahaan anjak tidak memiliki biaya lain yang akan mereka bebankan selain biaya anjak piutang. Mintalah perincian tentang biaya yang akan dilibatkan, dan perhatikan biaya anjak piutang seperti: biaya originasi, biaya tambahan, biaya layanan, biaya pengumpulan, biaya jatuh tempo, biaya lini tidak terpakai, biaya perpanjangan, biaya transfer, biaya pemeriksaan kredit, biaya terminasi dan biaya volume minimum bulanan.

Beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan anjak piutang Anda

Memperoleh pembiayaan eksternal dari bank dan pemberi pinjaman tradisional seringkali merupakan tugas berat bagi pemilik usaha kecil karena kriteria pinjaman yang ketat, antara lain: memiliki pendapatan tahunan minimum Rp 2.000.000.000, riwayat transaksi kredit yang solid atau sejarah operasional minimum selama dua atau tiga tahun.

Akan tetapi, pemberi pinjaman tradisional bukan satu-satunya pilihan yang tersedia. Pembiayaan faktur dapat menjadi opsi yang layak, tergantung pada jenis bisnis Anda. Dengan adanya pemberi pinjaman online seperti Aspire, usaha kecil seperti milik Anda bisa mendapat manfaat karena kriteria pinjaman yang fleksibel, akses cepat ke pendanaan dan proses permohonan yang efisien.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha