Cash Advance

Cari tahu semua tentang merchant cash advance, dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Merchant Cash Advance (MCA) bukanlah suatu pinjaman, melainkan pendahuluan pembayaran di muka berdasarkan riwayat transaksi kartu kredit—biasa kita sebut sebagai panjaran. Anda akan memperoleh panjaran dari penyedia kartu kredit Anda, yang akan dibayar kembali dengan menggunakan potongan persentase dari pembayaran konsumen Anda via kartu kredit secara harian atau mingguan.

Biaya yang akan Anda bayar kembali ditentukan oleh tingkat faktor. Tingkat faktor pengali akan bervariasi, tetapi biasanya berada dalam kisaran 1,1x s/d 1,5x. Jumlah dana yang harus Anda bayar ialah tingkat faktor dikalikan dengan jumlah pinjaman Anda. Secara reguler, penyedia kartu kredit Anda akan mengumpulkan potongan dana yang ditangguhkan (holdback rate: sejumlah dana yang ditahan sampai Anda memenuhi kewajiban pelunasannya).

Sebagai contoh: jika uang muka yang Anda terima memiliki tingkat holdback sebesar 10%, maka penyedia kartu kredit akan menerima 10% dari transaksi masuk ke kartu kredit Anda setiap hari (atau minggu) sampai pembayarannya lunas. Tingkat penangguhan ini bervariasi—rata-rata berkisar antara 10-20%, akan tetapi beberapa penyedia berkisar dari 8% hingga 30%.

Bagaimana uang muka dapat membantu bisnis saya?

Uang muka bisnis merupakan pilihan yang bagus untuk bisnis yang membutuhkan alat pembiayaan jangka pendek, seperti biaya tak terduga, pembelian inventaris, kesenjangan arus kas karena fluktuasi musiman dan kegiatan pemasaran.

Apakah penarikan uang muka tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah persyaratan umum yang dapat membantu Anda menilai apakah uang muka cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda menerima sebagian besar pembayaran melalui kartu kredit:Bisnis yang menerima sebagian besar pembayaran melalui kartu kredit sangat cocok untuk mengajukan aplikasi uang muka untuk pebisnis, seperti: restoran, bisnis ritel, dan salon kecantikan.

  • Anda menjalankan bisnis musiman: Pembayaran Anda didasarkan pada kwitansi kartu kredit harian atau mingguan Anda. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi bisnis musiman karena melunasi jumlah yang lebih kecil selama periode jeda/bisnis sepi akan membantu mengurangi tekanan pada arus kas Anda.

  • Anda memerlukan pendanaan yang cepat: Dibandingkan dengan proses pengajuan yang rumit oleh bank dan pemberi pinjaman tradisional, penyedia uang muka dapat menyetujui aplikasi Anda dalam beberapa jam, dan dapat menyediakan pendanaannya dalam beberapa hari. Pinjaman ini merupakan pilihan bagus apabila pembiayaannya sangat dibutuhkan, seperti saat pengeluaran tak terduga muncul atau ketika Anda membutuhkan dana untuk mengambil keuntungan dari peluang bisnis tertentu.

  • Anda tidak memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman tradisional: Penyedia cash advance sangat memperhatikan volume dan konsistensi penjualan Anda, sehingga memiliki kriteria yang lebih ketat dibandingkan dengan pemberi pinjaman tradisional. Secara umum, agunan tidak diperlukan dan pemeriksaan kredit tidak dilakukan. Oleh karena itu, merchant cash advance dapat menjadi opsi yang layak untuk usaha kecil atau usaha yang baru didirikan tanpa riwayat kredit yang mapan, atau bisnis yang tidak memenuhi kriteria pinjaman tradisional.

Beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan merchant cash advance

Mintalah pelunasan (potongan holdback rate) mingguan

Beberapa perusahaan hanya menyediakan pelunasan secara harian, akan tetapi ada perusahaan tertentu yang menawarkan jadwal pembayaran alternatif. Cash advance adalah salah satu bentuk pembiayaan usaha kecil yang paling mahal, karena jadwal pembayaran harian dapat memberikan tekanan arus kas pada bisnis Anda. Karena itu, sebaiknya Anda pilih pembayaran mingguan jika memungkinkan.

Gunakan jenis pembiayaan ini pada waktu yang tepat

Apabila Anda baru saja mulai menerima pembayaran via kartu kredit dari para konsumen Anda, atau merupakan usaha yang baru didirikan, maka ajukan permohonan cash advance ketika riwayat pembayaran kartu kredit Anda telah terbangun dengan lebih kuat. Dengan cara ini, Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk memperoleh persetujuan atau memperoleh persyaratan pembayaran yang menguntungkan.

Jangan sampai terjerat hutang

Penarikan uang muka menghasilkan biaya dan ongkos yang besar. Bisnis Anda dapat membayar tingkat persentase tahunan (APR) yang meningkat hingga berjumlah tiga digit, tergantung pada ongkos dan lama waktu untuk melunasi hutang. Beberapa hal dapat cepat lepas kendali jika pemilik bisnis tidak dapat melunasi pembayaran—dan seringkali, mereka akhirnya mengambil banyak cash advance secara berurutan hanya untuk melunasi hutang dari cash advance sebelumnya.

Pengusaha Joe Ruvacalba adalah contohnya. Sebuah artikel Bisnis CNN menunjukkan bahwa Ruvacalba telah mengambil lima cash advance untuk perusahaan pipa miliknya pada suatu titik waktu dan melakukan pembayaran harian yang berjumlah sekitar $5.000 (± Rp70.000.000). Dia menyarankan: "Sebagai pemilik, Anda harus bertanya pada diri sendiri: 'Dapatkah saya menangani pelunasan pembayaran ini setiap harinya?' Dan jika Anda tidak bisa, jangan gunakan opsi ini."

Apa saja opsi pembiayaan usaha kecil yang dapat saya coba?

Cash advance mungkin menjadi salah satu dari sedikit opsi bagi pemilik usaha kecil yang tidak memenuhi persyaratan untuk melakukan pinjaman tradisional. Tetapi dengan kemunculan pemberi pinjaman alternatif, pemilik usaha kecil memiliki lebih banyak pilihan solusi pembiayaan eksternal—termasuk pinjaman jangka pendek, pembiayaan faktur dan lini kredit.

Dengan Aspire, proses aplikasi pinjaman menjadi mudah, ringan dan cepat. Pengiriman aplikasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan Anda akan diberitahu tentang status persetujuan pinjaman Anda hanya dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha