Lini Kredit Bisnis

Cari tahu semua tentang lini kredit bagi bisnis, dan apakah jenis pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Lini kredit, yang juga dikenal sebagai kredit bergulir memberikan sejumlah modal dengan plafon yang telah disetujui sebelumnya kepada peminjam. Seperti layaknya kartu kredit; lini kredit merupakan fasilitas pinjaman yang dapat Anda gunakan kapanpun dibutuhkan, dimana bunga hanya dibebankan sesuai jumlah dana yang ditarik. Ketika jumlah yang ditarik dilunasi, limit kredit Anda normal kembali.

Secara umum, lini kredit memiliki dua kategori utama: dengan dan tanpa agunan. Lini kredit beragunan mengharuskan peminjam menempatkan aset-aset bisnis sebagai jaminan. Selain properti komersial, agunan juga dapat berbentuk inventaris, peralatan, atau faktur. Dengan lini kredit tanpa jaminan, aset tidak diperlukan sebagai penjamin.

Bagaimana lini kredit bisnis dapat membantu usaha saya?

Penggunaan lini kredit secara umum meliputi:

  • Pengelolaan biaya tak terduga: Pinjaman yang diperoleh dapat berfungsi dana darurat yang dipersiapkan untuk mengatasi munculnya pengeluaran tak terduga. Bukan hal yang aneh bagi usaha kecil untuk mengajukan lini kredit, dan menggunakannya untuk mendanai biaya yang tidak terduga—seperti penggantian peralatan atau pemeliharaan fasilitas.

  • Memanfaatkan peluang tak terduga: Dengan pembiayaan ini, usaha kecil berada di posisi yang lebih baik untuk memanfaatkan peluang seperti diskon dari supplier yang ditawarkan dalam rentang waktu terbatas.

  • Menghadapi permintaan musiman: Lini kredit adalah alat yang tepat untuk menyeimbangkan arus kas selama periode ramai dan sepi pesanan Perusahaan biasanya menggunakan lini kredit untuk membiayai pengadaan inventaris dan melakukan pemasaran untuk persiapan menjelang musim traksaksi jual beli sedang tinggi (peak season), atau mendanai pembayaran gaji karyawan di kala pelanggan sedang sepi (low season).

  • Menawarkan opsi pembelian lewat cicilan dengan lebih nyaman: Menawarkan pilihan pembayaran secara angsuran kepada pelanggan Anda dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis—namun ini juga merupakan langkah yang berisiko, seperti menciptakan dampak negatif pada arus kas Anda. Tidak usaha khawatir karena dengan lini kredit, Anda dapatmerasa lebih nyaman memperpanjang periode kredit konsumen sebab Anda akan selalu memiliki fasilitas pembiayaan yang bisa ditarik jika ada keterlambatan pembayaran.

Apakah lini kredit bergulir tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah persyaratan umum yang dapat membantu Anda menilai jika lini kredit cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda mencari cara untuk menutupi pengeluaran bisnis jangka pendek:Lini kredit sesuai untuk kebutuhan sementara, seperti menutupi kesenjangan arus kas atau pengeluaran musiman. Ini dikarenakan salah satu keuntungan terbesar yang ditawarkannya adalah fleksibilitas—kemampuan menarik dana dari limit kredit Anda kapan saja, dan tidak ada batasan untuk apa Anda dapat menggunakan pinjaman tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari menggunakan lini kredit untuk pengeluaran jangka panjang, karena dapat membatasi batas plafon penarikan dana Anda jika terjadi situasi mendesak.

  • Anda tidak yakin berapa banyak yang akan Anda butuhkan: Dengan lini kredit, Anda akan memiliki akses cepat dan fleksibel ke dana yang dapat dimanfaatkan kapan pun diperlukan. Ini menjadikannya pilihan yang bagus untuk situasi di mana Anda dapat memperkirakan bahwa akan ada kebutuhan dalam waktu mendatang untuk pembiayaan eksternal, tetapi tidak sepenuhnya yakin tentang berapa banyak yang Anda butuhkan.

  • Anda perlu membiayai pengeluaran rutin yang berulang: Selama Anda tidak melebihi limit yang telah disetujui sebelumnya, dan dapat memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman Anda (seperti melakukan pelunasan penarikan sebelumnya tepat waktu), struktur lini kredit memungkinkannya sebagai solusi ideal untuk digunakan menutupi biaya yang berulang.

  • Anda memerlukan akses cepat ke pendanaan:Meskipun proses aplikasi dan kecepatan pendanaan akan bervariasi tergantung pada lembaga atau platform dimana Anda menerima pendanaan, pemberi pinjaman online tertentu dapat menyetujui permohonan Anda dan menyediakan akses ke pendanaan hanya dalam 24 jam—ini merupakan penyedia pinjaman yang harus Anda ajukan ketika membutuhkan dana cepat.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan lini kredit bisnis Anda

Gunakan pendekatan strategis, dan tentukan waktu yang tepat mengajukan permohonan

Waktu terbaik untuk mengajukan pinjaman adalah ketika Anda tidak membutuhkannya. Hal tersebut dikarenakan pinjaman Anda akan lebih cepat disetujui ketika keuangan bisnis Anda dalam kondisi baik.

Perkirakan untuk 12 bulan ke depan saat memeriksa kebutuhan modal usaha. Jika Anda memperkirakan adanya kebutuhan pendanaan dari pihak luar, Anda dapat mengambil langkah—seperti meningkatkan profil kredit jika Anda memiliki skor yang rendah—untuk memastikan Anda memiliki posisi yang lebih baik untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih menguntungkan atau opsi pembiayaan yang lebih beragam.

Mulailah dengan limit kredit terendah, dan berusaha mencapai plafon seiring berjalannya waktu

Anda barangkali harus memulai dengan limit yang lebih rendah dahulu ketika pertama kali mendapatkan akses lini kredit—terutama jika profil kredit Anda tidak sedang dalam kondisi sangat baik. Bahkan jika batas kredit yang ditawarkan lebih rendah dari jumlah yang saat ini Anda butuhkan, akan sangat membantu jika Anda mengambil fasilitas tersebut, dan secara bertahap berusaha mencapai plafon lini kredit yang lebih besar.

Meskipun persyaratan akan bervariasi bagi setiap pemberi pinjaman, mereka akan meningkatkan limit Anda atau bersedia untuk menegosiasikan kembali periode pelunasan yang berlaku ketika kemajuan baru dicapai—seperti ketika Anda telah meningkatkan skor kredit, menunjukkan bahwa Anda memiliki arus kas yang kuat secara konsisten atau telah mencapai pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan.

Bagaimana saya bisa mendapatkan lini kredit bisnis?

Usaha kecil—khususnya, bisnis baru yang didirikan tanpa riwayat kredit yang solid—sering merasa kesulitan mendapatkan lini kredit dari pemberi pinjaman tradisional, karena mereka tidak dapat memenuhi kriteria pinjaman yang yang diberlakukan. Terlebih di Indonesia, fasilitas lini kredit umumnya hanya disediakan bank yang mensyaratkan profil minimal riwayat operasional dua s/d tiga tahun bisnis telah berjalan, atau memiliki pendapatan tahunan sebesar Rp 2.000.000.000.

Oleh sebab itu, adalah langkah yang tepat bagi pemilik usaha kecil untuk beralih ke platform pinjaman online, di mana Anda dapat memperoleh manfaat dari kriteria pinjaman yang lebih fleksibel, serta proses yang sederhana dan akses yang lebih cepat ke pendanaan.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha