Pembiayaan Pemasaran

Cari tahu semua tentang pembiayaan pemasaran, dan apakah itu sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.

Ketika tiba saatnya untuk meluncurkan sebuah penawaran baru, sangat penting bagi Anda untuk menyampaikan berita kepada sebanyak mungkin orang yang anda mampu .Dan di saat ada banyak cara bagi pemilik usaha kecil untuk bisa memasarkan produk atau layanan mereka tanpa anggaran yang cukup besar, pembiayaan dari pihak ketiga dapat diperlukan dari waktu ke waktu untuk mendanai pergerakan dengan skala yang lebih besar. Dalam hal ini lah pinjaman pemasaran akan berguna.

Bagaimana pembiayaan pemasaran dapat membantu bisnis saya?

Kegunaan dari pembiayaan untuk pemasaran pada umumnya meliputi:

  • Membiayai strategi-strategi pemasaran online: Pembiayaan dari pihak ketiga dapat membantu mendanai beragam strategi pemasaran online—mulai dari pemasaran konten dan iklan PPC, hingga campaign di media sosial, program rujukan dan kolaborasi influence—serta memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan tren pemasaran digital terbaru.Beberapa contoh tren yang muncul meliputi chatbots interaktif , teknologi AI dan pencarian suara

  • Mendanai upaya pemasaran offline: Tidak selalu tentang pemasaran digital; untuk bisnis tertentu—seperti pedagang grosir atau praktik medis—seringkali memerlukan kombinasi strategi online dan offline untuk mencapai hasil terbaik.Pemasaran langsung melalui surat atau beriklan di media cetak yang sesuai bisa efektif bagi pedagang grosir, sementara praktisi medis dapat mengeksplorasi strategi-strategi seperti berpartisipasi dalam pameran kesehatan lokal dan acara-acara komunitas.

  • Melakukan riset pemasaran: Menginvestasikan waktu dan sumber daya ke dalam riset pasar adalah tugas berat bagi usaha kecil—namun hal itu penting untuk tetap melihat perkembangan audiens Anda dari waktu ke waktu, dan memperoleh wawasan yang dapat membantu Anda merencanakan strategi masa depan dengan lebih baik. Meskipun upaya riset pasar Anda tidak akan melibatkan model statistik yang rumit atau anggaran yang besar, pembiayaan dari pihak ketiga dapat membantu dalam membiayai proyek penelitian pasar dalam skala kecil atau akses ke pemasaran digital dan peralatan survey online.

Apa saja jenis pembiayaan pemasaran pada umumnya?

Lini kredit

Lini kredit, juga dikenal sebagai kredit bergulir yang memungkinkan Anda untuk menggunakan jumlah pinjaman yang telah disetujui sebelumnya dan ketika Anda membutuhkannya. Bunga dibebankan hanya pada jumlah dana yang Anda gunakan, dan jumlah tagihan yang telah terbayar dapat digunakan kembali. Ini adalah jenis pembiayaan fleksibel yang dapat Anda gunakan untuk mendanai berbagai biaya pemasaran jangka pendek.

Merchant cash advance

Merchant cash advance (MCA) bukanlah sebuah pinjaman, melainkan uang tunai di muka berdasarkan transaksi kartu kredit Anda. Melalui sebuah provider, Anda akan memperoleh pembayaran di muka, yang akan dibayar kembali dengan persentase dari tagihan kartu kredit harian atau mingguan Anda. Dalam hal ini berarti daripada membayar jumlah tetap secara teratur, Anda akan melakukan pembayaran lebih kecil selama periode jeda, dan membayar jumlah yang lebih besar ketika Anda telah meningkatkan kapasitas penjualan. Ini adalah opsi pembiayaan yang cocok untuk bisnis yang menerima pembayaran kartu kredit dalam jumlah besar - seperti salon kecantikan, toko ritel, dan restoran.

Pinjaman jangka pendek

Secara umum, pinjaman jangka pendek adalah opsi pembiayaan yang ditetapkan untuk dilunasi dalam kurun waktu enam bulan. Pinjaman jenis ini lebih mudah memenuhi syarat dibandingkan dengan pinjaman jangka panjang, menawarkan akses cepat ke pendanaan dan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis jangka pendek—seperti menutupi kekosongan arus kas karena seasonalitas bisnis. Contoh-contoh pinjaman jangka pendek meliputi Merchant Cash Advance, lini kredit dan Invoice financing atau pembiayaan piutang.

Pinjaman tanpa jaminan

Pinjaman tanpa jaminan tidak memerlukan agunan atau jaminan. Peminjam tidak diharuskan untuk menaruh aset untuk mendapatkan pendanaan; sebagai gantinya, pinjaman ini disetujui berdasarkan faktor-faktor seperti skor kredit bisnis si peminjam dan kekuatan arus kasnya.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pembiayaan pemasaran Anda

Buat rencana pergerakan yang terperinci

Sebuah rencana bisnis yang terperinci merupakan indikasi jelas bahwa Anda siap dengan baik, dan menunjukkan ke mana arah bisnis Anda dalam enam bulan atau setahun ke depan. Berikut ini beberapa tips yang dapat memandu Anda dalam menyusun rencana bisnis yang akan menempatkan Anda sebagai peminjam yang menarik:

  • Sertakan statistik dan penelitian industri: Bagi usaha yang baru berdiri dan belum memiliki data riwayat keuangan yang signifikan, menyediakan statistik industri akan sangat berguna sehingga pemberi pinjaman yang potensial akan memiliki data pendukung untuk menilai proyeksi Anda.Jika Anda mencari pembiayaan untuk kegiatan pemasaran tertentu, sertakan penelitian yang menunjukkan permintaan konsumen akan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  • Tekankan keberhasilan masa lalu dan proyek-proyek saat ini: Mungkin sulit meyakinkan pemberi pinjaman bahwa bisnis Anda adalah investasi yang bagus untuk potensi jangka panjang ketika Anda adalah perusahaan yang baru didirikan.Alih-alih berfokus pada proyeksi masa depan dan rencana jangka panjang, tarik perhatian ke strategi pemasaran sebelumnya yang telah berhasil, atau proyek-proyek saat ini yang memberikan hasil bagi usaha Anda—dan tunjukkan bagaimana Anda akan menggunakan pinjaman Anda untuk membiayai strategi ini agar bergerak maju.

  • Tunjukkan kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman: Di luar hal-hal yang penting—seperti rencana pembayaran Anda, rencana bisnis, pengembalian pajak pribadi, dan laporan keuangan terbaru Anda—menyertakan rencana-rencana pembayaran alternatif juga akan membantu.Prosedur-prosedur ini mencakup ketentuan-ketentuan yang bukan menjadi bagian dari permohonan pinjaman awal Anda, seperti sebuah penawaran untuk menaruh aset sebagai jaminan.

Saat terbaik untuk mengajukan pinjaman adalah ketika Anda tidak membutuhkannya

Jangan tunggu sampai perekonomian Anda menghadapi krisis untuk mengajukan permohonan pembiayaan dari pihak ketiga. Menurut konsultan bisnis keuangan Barbara Vrancik , pemberi pinjaman “enggan meminjamkan ketika sebuah bisnis menghadapi masalah likuiditas atau keadaan finansial yang kritis, meskipun mereka menguntungkan.Jika pemberi pinjaman memang meminjamkan dalam keadaan itu, biaya pembiayaan itu akan tinggi."

Dia merekomendasikan agar bisnis mengajukan pinjaman lebih awal—ketika mereka tidak benar-benar membutuhkannya—dan menentukan waktu permohonan mereka pada periode di mana "penghasilan finansial mereka dalam keadaan yang terbaik pada siklus bisnis".

Bagaimana saya bisa mendapatkan pembiayaan pemasaran?

Pemberi pinjaman tradisional biasanya memiliki ketentuan peminjaman yang ketat, seperti harus memiliki pendapatan tahunan minimum Rp2.000.000.000 atau riwayat operasional dua hingga tiga tahun—persyaratan yang menyulitkan usaha kecil untuk memenuhi syarat dalam memperoleh pinjaman dari bank.

Semakin lama, bisnis-bisnis seperti ini beralih ke pemberi pinjaman alternatif. Menawarkan proses permohonan yang efisien dan fleksibilitas yang lebih besar, pemberi pinjaman seperti ini dapat menjadi pilihan yang memungkinkan bagi bisnis yang tidak memenuhi syarat sebagai solusi dari pembiayaan tradisional.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha