Pembiayaan Pengadaan Tenaga Kerja

Cari tahu semua tentang pembiayaan pengadaan tenaga kerja, dan apakah itu sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda

Terlepas dari niat dan usaha yang baik, keuangan bisnis Anda dapat jatuh karena keadaan yang tidak terduga—seperti penurunan bisnis dan keterlambatan pembayaran tagihan. Saat-saat seperti ini dapat menjadi tantangan untuk menutupi biaya penggajian Anda tepat waktu. Di sinilah pembiayaan pengadaan untuk tenaga kerja bisa berguna.

Bagaimana pembiayaan untuk pengadaan tenaga kerja dapat membantu bisnis saya?

Kegunaan dari pembiayaan pengadaan tenaga kerja pada umumnya meliputi:

  • Merekrut karyawan baru: Merekrut karyawan baru adalah investasi yang signifikan—terutama gaji usaha kecil. Pada hakikatnya, para pemilik bisnis sering menunda untuk mempekerjakan karyawan dalam waktu yang lama—banyak merugikan bisnis mereka. Melalui pembiayaan pengadaan tenaga kerja, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk menghasilkan karyawan baru dalam mendukung pertumbuhan usaha Anda.

  • Mempekerjakan staf musiman: Pembiayaan dari pihak ketiga dapat menjadi sarana yang berguna untuk bisnis yang membutuhkan staf musiman atau sementara secara teratur, seperti restoran dan toko ritel.Karena pengeluaran ini cenderung dapat diprediksi, pemilik bisnis dapat memperoleh fasilitas pinjaman atau pembiayaan jauh sebelum musim sibuk untuk mulai memenuhi kebutuhan dalam mempekerjakan mereka.

  • Membayar karyawan semasa periode tenang dan penurunan: Dari krisis ekonomi, hingga pengeluaran tak terduga atau hilangnya proyek besar, ada banyak faktor yang dapat berdampak buruk terhadap arus kas Anda—serta kemampuan Anda untuk membayar karyawan tepat waktu.Dalam situasi seperti ini, memanfaatkan solusi pembiayaan seperti lini kredit atau pinjaman jangka pendek akan sangat membantu.

  • Restrukturisasi bisnis: Karena permintaan pasar dan konsumen terus berkembang, Anda mungkin melihat kebutuhan untuk mempekerjakan karyawan baru, atau membiarkan karyawan Anda bekerja dengan memberikan produk dan layanan yang berbeda. Memperoleh pembiayaan dari pihak ketiga dapat membantu Anda mengelola biaya tenaga kerja Anda untuk waktu sementara.

Apa saja jenis-jenis pinjaman pengadaan tenaga kerja pada umumnya?

Lini kredit

Anggap saja lini kredit sebagai kartu kredit. Peminjam diberi akses ke jumlah pinjaman yang telah disetujui sebelumnya, yang dapat mereka gunakan ketika dibutuhkan. Bunga hanya dibebankan pada jumlah yang dipakai, dan ketika tagihan telah terbayar, mereka dapat menggunakan lini kredit berulang kali.

Pembiayaan faktur

Pembiayaan faktur mengacu pada opsi pembiayaan jangka pendek yang memungkinkan perusahaan memperoleh modal menggunakan faktur yang belum dibayar.

Mereka dapat melakukan ini melalui dua cara: anjak faktur, yang mengacu pada perjanjian antara bisnis dan perusahaan pihak ketiga (juga dikenal sebagai agen/ faktor), di mana faktor membeli faktur dengan harga yang lebih murah dan melakukan pungutannya atas nama bisnis . Opsi kedua, diskon faktur, berbeda dengan anjak faktur karena peminjam tetap memegang kendali atas buku kas penjualan dan pungutan pembayarannya—daripada menjual fakturnya ke suatu faktor/agen.

Merchant cash advance

Merchant cash advance (MCA) sebenarnya bukan sebuah pinjaman; melainkan dana yang di dapatkan di muka berdasarkan transaksi kartu kredit Anda. Melalui sebuah provider, Anda akan memperoleh pembayaran di muka, yang akan dibayar kembali dengan persentase dari tagihan kartu kredit harian atau mingguan Anda. Ini adalah opsi pembiayaan yang cocok untuk bisnis dengan kapasitas penjualan kartu kredit yang tinggi, seperti restoran, bisnis ritel, dan salon kecantikan.

Pinjaman jangka pendek

Pinjaman jangka pendek mengacu pada pinjaman lump sum dengan periode pembayaran dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Pinjaman seperti ini biasanya memiliki persyaratan yang kurang ketat (dibandingkan dengan solusi pembiayaan seperti lini kredit), dan menawarkan akses cepat ke pendanaan—yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk bisnis yang membutuhkan dana penggajian dalam waktu singkat.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pembiayaan tenaga kerja Anda

Estimasi kebutuhan Anda

Untuk memilih solusi pembiayaan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda harus bertanya pada diri sendiri dua pertanyaan utama: "Berapa banyak uang yang saya butuhkan?" dan "Apakah saya akan memerlukan pembiayaan berulang-kali?"

Misalnya, jika tidak yakin berapa banyak pembiayaan dari pihak ketiga yang akan Anda butuhkan pada suatu waktu tertentu, atau mengetahui bahwa Anda harus mempekerjakan staf sementara pada periode tertentu sepanjang tahun, solusi fleksibel seperti lini kredit akan menjadi opsi pembiayaan terbaik Anda.

Dengan lini kredit, semua ini adalah tentang bagaimana menentukan waktu permohonan Anda dengan benar.

Hal ini menuntun Anda untuk menganggap lini kredit sebagai dana cadangan atau semacam dana darurat—yang dapat Anda manfaatkan kapanpun diperlukan. Dengan demikian, Anda akan memerlukan lini kredit jauh lebih awal—saat Anda sebenarnya tidak membutuhkan pembiayaan dari pihak ketiga. Waktu terbaik untuk mengajukan permohonan Anda adalah ketika pendapatan Anda sedang cenderung meningkat dan Anda memiliki arus kas positif , karena Anda akan muncul sebagai peminjam yang menarik bagi calon pemberi pinjaman, dan memiliki peluang lebih besar bagi permohonan Anda untuk disetujui.

Komunikasi yang terbuka dan tepat waktu adalah kuncinya

Meskipun tips terakhir ini tidak secara langsung berhubungan dengan proses permohonan pembiayaan pengadaan tenaga kerja, namun tetap merupakan faktor penting yang perlu diingat—terutama karena mengkomunikasikan penundaan gaji kepada karyawan adalah area yang sulit dilalui oleh pemilik usaha kecil.

Dalam sebuah artikel Inc, Donald Todrin , pendiri Second Wind Consultants berbagi: “Apa yang saya temukan dalam bisnis konsultasi saya adalah bahwa, lebih sering daripada tidak, pemilik usaha kecil merasa malu dan khawatir tentang hasil, sehingga mereka biasanya menangani [situasi ] secara emosional. Ini biasanya berarti bahwa mereka tidak memberi tahu siapa pun sampai 10 menit sebelum mereka seharusnya mendapatkan gaji mereka.”

Jika Anda tidak yakin mengenai cara memulai percakapan, Anda dapat mulai dengan berbagi informasi tentang keuangan perusahaan—seperti proyeksi anggaran dan arus kas Anda—untuk menunjukkan di mana Anda mengalami masalah, sebelum menjelaskan bagaimana Anda akan mendapatkan keuangan Anda kembali pulih untuk membayar gaji mereka.

Bagaimana saya bisa mendapatkan pembiayaan untuk pengadaan tenaga kerja?

Persyaratan ketat—seperti memiliki rekam jejak operasional minimum dua hingga tiga tahun, atau pendapatan tahunan setidaknya Rp2.000.000.000—di samping itu, proses untuk aplikasi pinjaman tradisional dapat memakan waktu yang lama. Dengan demikian, opsi pembiayaan ini kemungkinan tidak cocok untuk usaha kecil yang mencari dana penggajian dalam waktu singkat.

Dengan platform pinjaman online seperti Aspire, proses permohonan pinjaman menjadi mudah, efisien dan cepat—penyerahan sebuah permohonan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan Anda akan dikirim pemberitahuan tentang status persetujuan pinjaman Anda hanya dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha