Pembiayaan Pengadaan Perlengkapan

Cari tahu semua tentang pembiayaan perlengkapan, dan apakah itu sesuai bagi kebutuhan bisnis Anda.

Mulai dari memiliki peralatan dapur terbaik, meningkatkan armada pengiriman atau mengganti mesin produksi Anda, hingga membeli peralatan baru dapat membantu memberikan produktivitas yang menguntungkan dan signifikan bagi bisnis Anda. Pembelian-pembelian seperti ini cenderung merupakan pekerjaan yang memakan biaya tinggi—dan di sinilah pembiayaan peralatan sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan alat-alat yang Anda butuhkan tanpa mempengaruhi arus kas Anda.

Bagaimana pembiayaan untuk pengadaan peralatan dapat membantu bisnis saya?

Pembiayaan peralatan dapat berguna dalam situasi-situasi seperti berikut:

  • Membiayai pembelian peralatan baru: Dari peralatan memasak, hingga peralatan medis atau mesin pabrik, pembiayaan peralatan dapat membuat pembelian yang berbiaya tinggi ini menjadi memungkinkan untuk bisnis Anda.

  • Mendanai biaya pembaharuan peralatan: Kemajuan teknologi yang pesat dapat membuat peralatan menjadi ketinggalan jaman dalam jangka waktu yang relatif singkat. Dengan pembiayaan dari pihak ketiga, Anda akan dapat membuat pembaharuan yang diperlukan untuk memastikan peralatan Anda tetap mutakhir, dan sejalan dengan tren pasar dan permintaan konsumen.

  • Mengamankan modal kerja: Pembelian peralatan adalah investasi yang cukup besar - dan bahkan jika Anda dapat melakukan pembelian sekaligus, hal itu dapat menempatkan likuiditas Anda dalam bahaya. Melalui pembiayaan dari pihak ketiga, Anda akan dapat menghemat modal kerja Anda, dan menggunakannya untuk menutup pengeluaran yang diperlukan atau mendanai kegiatan bisnis yang lebih produktif.

  • Perbaikan peralatan yang tidak masuk akal secara finansial: Biaya perbaikan dan pemeliharaan bisa naik dengan cepat - khususnya dalam situasi di mana Anda harus melakukan perbaikan untuk peralatan yang sama berulang kali - sehingga melakukan pembelian baru mungkin merupakan pilihan yang lebih terjangkau untuk jangka panjang. Sebelum mengirim peralatan Anda untuk diperbaiki, ada baiknya Anda menentukan estimasi biaya perbaikan, dan membandingkannya dengan biaya pembelian baru. Jika pilihan terakhir terbukti menjadi alternatif yang lebih murah, dengan memperoleh pembiayaan peralatan untuk mendanai pembelian Anda bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda.

Apa saja jenis-jenis pembiayaan untuk pengadaan peralatan?

Pinjaman untuk pengadaan peralatan

Pinjaman untuk pengadaan peralatan adalah pinjaman yang digunakan untuk membeli peralatan baru, atau untuk mengganti yang sudah ada. Jenis ini termasuk pinjaman yang dijaminkan—yang berarti peralatan yang diperoleh tersebut menjadi jaminan untuk pinjaman ini, sehingga peminjam tidak diharuskan untuk memberikan jaminan tambahan atau jaminan pribadi. Pinjaman untuk peralatan adalah opsi pembiayaan yang cocok untuk bisnis di berbagai industri—mulai dari praktik medis dan restoran, hingga perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan konstruksi.

Lini Kredit

Melalui lini kredit, Anda akan memiliki akses ke jumlah pinjaman yang telah disetujui sebelumnya, yang dapat Anda gunakan berulang kali. Bunga hanya dibebankan pada jumlah dana yang digunakan, dan tagihan yang telah terbayar dapat digunakan kembali. Meskipun lini kredit biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis jangka pendek, jenis ini juga dapat menjadi solusi yang tepat bagi pemilik bisnis yang ingin membeli peralatan yang terjangkau dan membutuhkan pembiayaan yang cepat.

Pinjaman berjangka

Pinjaman berjangka mengacu pada pinjaman yang dilunasi dengan pembayaran yang teratur selama periode waktu tertentu. Pinjaman ini dapat menggunakan jaminan atau tanpa jaminan, tergantung pada jumlah yang Anda pinjam. Untuk pinjaman dengan jaminan, peralatan yang dibeli atau aset bisnis lainnya dapat dijadikan jaminan.

Penyewaan peralatan

Penyewaan pada peralatan bukan termasuk sebuah pinjaman, melainkan perjanjian sewa jangka panjang di mana dilakukan pembayaran bulanan kepada pemberi pinjaman Anda selama periode lebih dari satu tahun. Anda tidak melakukan pembelian sekaligus juga tidak memiliki peralatan, dan di akhir sewa, Anda akan memiliki opsi untuk mengembalikan peralatan atau membelinya dengan nilai pasar yang sesuai.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pembiayaan peralatan Anda

Rancang rencana kegiatan yang terperinci

Memiliki rencana yang matang untuk penggunaan dana Anda adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan dengan pemberi pinjaman. Selain menunjukkan bagaimana rencana Anda dalam menggunakan dana dari pinjaman, ada baiknya juga menyertakan dokumen-dokumen pendukung. Misalnya, jika Anda berencana menggunakan dana untuk mengganti peralatan, sertakan tagihan dari supplier Anda, bersama dengan gambar-gambar peralatan yang tidak berfungsi.

Pertimbangkan opsi-opsi Anda

Saat memilih antara jenis pembiayaan peralatan, ada beberapa faktor kunci yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih solusi pembiayaan yang paling cocok untuk bisnis Anda. Berikut daftar pertanyaan singkat yang dapat membantu Anda mengevaluasi opsi Anda dengan lebih baik:

  • Berapa total biaya untuk pinjaman? Suku bunga yang rendah memang menarik, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain yang bisa muncul dari total biaya pinjaman. Seperti biaya originasi (biaya yang dibayar di muka yang dibebankan oleh pemberi pinjaman untuk memproses permohonan pinjaman baru atau biasa disebut sebagai biaya administrasi), serta biaya pemeliharaan (biaya yang dibebankan secara bulanan, triwulanan atau tahunan untuk menutup biaya pemeliharaan fasilitas pembiayaan).Yang perlu Anda fokuskan adalah Nilai Persentase Tahunan (Annual Percentage Rate), ketika memperhitungkan total biaya—termasuk semua biaya tambahan—yang berhubungan dengan pinjaman.

  • Bagaimana jangka waktu pembayarannya? Ada pro dan kontra untuk memilih jangka waktu pembayaran yang lebih pendek atau lebih lama—dan Anda harus menyesuaikan ini terhadap keuangan Anda untuk memilih opsi yang paling cocok untuk usaha Anda. Sebagai contoh, jangka waktu pembayaran yang lebih pendek berarti Anda akan melunasi hutang lebih cepat—namun Anda juga harus membayar pembayaran bulanan yang lebih tinggi, yang dapat memberi tekanan pada arus kas Anda.

  • Apa saja kriteria yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman Anda? Dari satu pemberi pinjaman ke pemberi pinjaman lainnya memiliki syarat persetujuan yang berbeda-beda, jadi Anda harus melewatinya untuk memastikan bahwa Anda dapat memenuhi persyaratan minimum dalam hal skor kredit, pendapatan tahunan, dan riwayat operasional bisnis. Anda juga harus memperhatikan ketentuan-ketentuan untuk pembayaran uang muka, penyerahan aset sebagai jaminan, serta kebijakan yang berhubungan dengan jaminan atau hak gadai pribadi.

  • Berapa banyak uang tunai yang Anda miliki saat ini, dan apakah peralatan yang Anda peroleh akan cepat usang?Pertanyaan ini akan relevan bagi pemilik bisnis yang memutuskan antara mengambil pinjaman peralatan atau sewa. Singkatnya, jika dana yang Anda miliki terbatas untuk uang muka, dan sedang mencari peralatan yang dapat dengan cepat menjadi usang, penyewaan peralatan bisa menjadi opsi yang lebih cocok dari keduanya.Harap perhatikan bahwa kedua opsi pembiayaan juga menawarkan manfaat pajak, sehingga berkonsultasi dengan akuntan Anda dapat bermanfaat untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang insentif-insentif pajak yang terkait ketika mempertimbangkan keputusan Anda.

Bagaimana saya bisa mendapatkan pembiayaan peralatan untuk bisnis saya?

Mendapatkan pembiayaan peralatan dari pemberi pinjaman tradisional adalah tugas berat bagi usaha kecil. Selain dianggap sebagai investasi yang berisiko, usaha kecil juga seringkali tidak dapat memenuhi kriteria pinjaman yang ketat yang diberlakukan oleh bank dan pemberi pinjaman tradisional—seperti memiliki riwayat operasional minimum dua hingga tiga tahun, atau pendapatan tahunan minimum Rp2.000.000.

Dengan demikian, pemilik usaha kecil perlu semakin beralih ke platform pinjaman online, di mana Anda dapat memperoleh manfaat dari fleksibilitas yang lebih besar, proses yang efisien dan akses cepat ke pendanaan.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha