Pembiayaan Pengadaan Inventaris

Cari tahu semua tentang pembiayaan untuk pengadaan inventaris, dan apakah itu cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

Pembiayaan pengadaan inventaris mengacu pada lini kredit atau pinjaman yang dapat digunakan pemilik bisnis untuk membeli inventaris. Pilihan pembiayaan tertentu mungkin memerlukan inventaris Anda sebagai jaminannya, sementara pilihan pembiayaan yang lain tak memerlukan jaminan. Dalam kasus yang terjadi belakangan ini, Anda akan dinilai berdasarkan faktor-faktor seperti skor kredit bisnis dan kemampuan arus kas Anda.

Secara umum, pemberi pinjaman akan menaikkan hingga 80 persen dari taksiran nilai inventaris Anda. Pemberi pinjaman biasanya akan menggunakan Nilai Likuidasi Bersih (Net Orderly Liquidation Value) atau Nilai Likuidasi Penjualan Paksa (Forced Sale Liquidation Value), yang dapat dianggap jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai pasar.

Bagaimana pembiayaan untuk pengadaan inventaris dapat membantu bisnis saya?

Kegunaan pembiayaan pengadaan inventaris pada umumnya meliputi:

  • Menjaga kelengkapan inventaris: Pembiayaan pengadaan inventaris memberikan modal kerja yang dibutuhkan perusahaan untuk menjaga kelengkapan inventarisnya.Ini dapat membantu mencegah situasi di mana perusahaan kehabisan produk atau barang, yang dapat menyebabkan keterlambatan produksi atau kehilangan penjualan, di mana pelanggan beralih ke pesaing untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

  • Mengelola seasonalitas bisnis: Pembiayaan pengadaan inventaris dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu perusahaan mempersiapkan musim-musim ramai, seperti membeli inventaris tambahan sebelum hari raya atau musim diskon.

  • Memanfaatkan peluang-peluang yang terbatas: Dengan pembiayaan pengadaan inventaris, Anda akan berada pada posisi yang lebih baik untuk meraih peluang yang muncul tak terduga —seperti penawaran khusus dan diskon penghabisan barang.

Apakah pembiayaan pengadaan inventaris tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah persyaratan umum yang dapat membantu menilai apakah pembiayaan pengadaan inventaris cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda sedang menjalankan sebuah bisnis berbasis produk: Pembiayaan pengadaan inventaris cocok untuk perusahaan yang memiliki inventaris fisik, seperti pengecer, penjual grosir, produsen, pedagang dan restoran.Ini tidak diperuntukkan untuk bisnis berbasis layanan.

  • Anda memiliki setidaknya satu tahun riwayat bisnis: Pemberi pinjaman perlu menilai catatan keuangan dan inventaris bisnis Anda sebelumnya, sehingga pembiayaan pengadaan inventaris bukan merupakan pilihan jika usaha Anda baru saja beroperasi.

  • Bisnis Anda memiliki tingkat perputaran persediaan barang yang tinggi: Pemberi pinjaman ingin membiayai persediaan barang yang laku dengan cepat; mereka perlu tahu bahwa barang-barang Anda adalah jaminan yang layak dan dapat mereka jual dengan mudah jika Anda gagal membayar pinjaman.Jika inventaris jaminan anda termasuk barang yang sulit dipindahkan, kemungkinan pemberi pinjaman Anda tidak akan menerimanya sebagai jaminan pinjaman.

  • Anda tidak memerlukan pembiayaan yang bersifat segera: Pemberi pinjaman tertentu mungkin mengharuskan peminjam menjalani proses uji tuntas.Proses ini meliputi peninjauan keuangan bisnis Anda dan riwayat kredit, bersama dengan penilaian barang-barang Anda, sistem akuntansi dan sistem inventaris, fasilitas penyimpanan barang, perputaran barang dan tingkat kehilangan atau kerusakan. Ini dapat memerlukan waktu yg lama, dan bisa memakan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum Anda mendapatkan akses ke pembiayaan. Dengan demikian, pembiayaan pengadaan inventaris mungkin bukan pilihan yang baik untuk bisnis yang membutuhkan uang tunai yang bersifat segera.

  • Anda memerlukan pembiayaan dalam jumlah besar: Seperti disebutkan di atas, pembiayaan pengadaan inventaris membutuhkan uji tuntas yang panjang lebar.Karena upaya yang diperlukan dalam proses penilaian, pemberi pinjaman biasanya memberlakukan persyaratan jumlah minimum pinjaman yang tinggi. Pemberi pinjaman tertentu mungkin mengharuskan peminjam memperoleh jumlah pinjaman dengan jumlah minimal $ 500.000.

Tips untuk permohonan pembiayaan pengadaan inventaris Anda

Buat daftar pertanyaan untuk menilai calon pemberi pinjaman yang potensial dengan lebih baik

Dengan melakukan kerja keras sebelumnya akan membantu Anda menilai pemberi pinjaman yang potensial dengan lebih baik, dan memilih mitra yang cocok dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan kunci yang perlu disertakan dalam proses evaluasi Anda:

  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses persetujuan dan dana untuk ditransfer? Proses persetujuan dan orientasi akan berbeda-beda dari pemberi pinjaman satu ke pemberi pinjaman lainnya; untuk pemberi pinjaman tertentu, dibutuhkan berbulan-bulan sebelum permohonan Anda disetujui dan dana tersedia. Anda harus melewati perusahaan-perusahaan seperti ini, dan sebagai gantinya mencari pemberi pinjaman yang dapat meninjau permohonan Anda dalam beberapa hari, dan menyediakan akses ke pendanaan dalam satu atau dua minggu.

  • Apa saja opsi-opsi yang memungkinkan mengenai jangka waktu pembayaran pinjaman? Ketentuan pembayaran akan berbeda-beda antara para pihak pemberi pinjaman, dan juga tergantung pada faktor-faktor lain—seperti ukuran fasilitas dan tingkat kerumitan urusannya.Pemberi pinjaman tertentu mungkin mengharuskan pelunasan penuh dilakukan dalam kurun waktu enam bulan, sedangkan ketentuan pembayaran untuk yang lainnya dapat dalam waktu satu tahun atau lebih. Kuncinya di sini adalah untuk meninjau data inventaris Anda, dan menyusun periode waktu yang layak di mana Anda dapat melakukan pembayaran tepat waktu, tanpa harus mengambil pembiayaan tambahan dalam durasi pinjaman.

  • Seperti apa proses pemeriksaannya? Jika pemberi pinjaman telah menetapkan bahwa diperlukannya pemeriksaan inventaris, perjelas seperti apa proses yang diperlukan, serta persyaratan apa saja yang harus Anda penuhi.

  • Seperti apa proses pelaporannya? Proses pelaporan dapat berbeda-beda antara para pihak pemberi pinjaman, terhadap beberapa persyaratan ketat seperti update mingguan atau bulanan. Pastikan Anda memahami sepenuhnya apa yang diharapkan pada Anda untuk dilakukan, dan agar supaya Anda layak untuk memenuhi kewajiban ini.

Bersiaplah

Bukan hal yang aneh bagi pemberi pinjaman untuk melakukan pemeriksaan tanpa rencana; pemberi pinjaman tertentu mungkin meminta agar proses pemeriksaan dilakukan secara berkala—seperti setiap tiga atau enam bulan—selama lini kreditnya masih terjaga. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa kantor, fasilitas penyimpanan, dan staf Anda siap untuk kunjungan-kunjungan seperti ini.

Langkah-langkah yang dapat Anda terapkan adalah melakukan pengarahan atau briefing pada staf dan melakukan simulasi pemeriksaan. Anda juga perlu meninjau kondisi lingkungan dari fasilitas penyimpanan Anda, memperhatikan faktor-faktor seperti suhu dan kelembaban, serta apakah inventaris Anda terlindungi dengan baik dari unsur-unsur eksternal.

Di mana saya bisa mendapatkan pembiayaan pengadaan inventaris untuk bisnis saya?

Dari persyaratan pinjaman minimum, hingga pemeriksaan uji tuntas yang ekstensif dan masa orientasi yang panjang, pemberi pinjaman tradisional seringkali memiliki kriteria dan proses yang keta—yang dapat menyulitkan usaha-usaha kecil untuk memenuhi syarat dalam pembiayaan pengadaan inventaris.

Tetapi bank dan perusahaan pembiayaan pengadaan inventaris bukan satu-satunya opsi Anda. Para pemilik bisnis juga dapat meminta pinjaman online untuk pinjaman jangka pendek atau inventaris kredit untuk mendapatkan modal kerja yang mereka butuhkan. Dengan menawarkan proses permohonan yang efisien dan fleksibilitas yang lebih besar, pemberi pinjaman seperti ini dapat menjadi pilihan yang layak untuk bisnis yang tidak memenuhi syarat untuk solusi pembiayaan tradisional.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha