Penyewaan Aset

Cari tahu semua tentang penyewaan aset (asset leasing), dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Penyewaan aset adalah bentuk pinjaman yang memberikan pemilik usaha kecil akses ke pemilikan aset seperti peralatan, mesin, dan kendaraan.

Pikirkan di benak Anda bahwa penyewaan aset ialah perjanjian sewa; lessor (pemasok peralatan) membeli aset untuk digunakan oleh lessee (pemilik bisnis) sebagai imbalan pembayaran sewa. Peralatan akan dikembalikan ke lessor apabila masa sewa telah berakhir.

Pembayaran dan tingkat bunga akan diterapkan selama masa sewa. Pemeliharaan, perbaikan dan asuransi dapat dikelola oleh pemberi pinjaman Anda dan dimasukkan sebagai bagian dari pembayaran sewa bulanan.

Bagaimana penyewaan aset dapat membantu bisnis saya?

Pengadaan peralatan cenderung membutuhkan biaya yang tinggi. Oleh karena itu, usaha kecil sulit mendapatkan akses alat yang mereka butuhkan tanpa mengganggu arus kas mereka. Dengan penyewaan aset, pemilik usaha kecil dapat memperoleh peralatan yang mereka butuhkan, bahkan jika usaha mereka tidak memenuhi syarat untuk pinjaman tradisional.

Apakah penyewaan aset tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah persyaratan umum yang dapat membantu Anda menilai apakah penyewaan aset cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda membutuhkan peralatan untuk jangka waktu pendek: Daripada membeli dan menjual kembali peralatan ketika tidak diperlukan lagi, maka penyewaan aset bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda hanya membutuhkannya untuk jangka waktu singkat. Penyewaan aset cenderung cocok untuk bisnis yang ingin mendapatkan peralatan yang digunakan dalam jangka pendek (tiga tahun atau kurang); seperti ketika Anda bekerja dengan menggunakan teknologi yang perkembangannya pesat, atau menggunakan peralatan yang terdepresiasi dengan cepat.

  • Anda tidak memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman tradisional: Penyewaan aset tidak memiliki persyaratan yang lebih fleksibel dibandingkan dengan pinjaman tradisional. Persyaratan pinjaman tradisional memang bervariasi, namun sebagian besar mengharuskan peminjam membayar uang muka, memiliki riwayat transaksi kredit yang baik, mengajukan agunan tambahan dan memiliki riwayat operasional minimum dua hingga tiga tahun. Sebagai perbandingan, penyewaan biasanya memiliki persyaratan riwayat kredit yang lebih fleksibel dan tidak memerlukan uang muka.

Beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonaan penyewaan aset Anda

Lakukan riset

Sama seperti cara penyedia Anda melakukan pemeriksaan dan menilai kesesuaian Anda untuk mendapatkan sewa, Anda juga perlu menilai beberapa penyedia sewa untuk mendapatkan sewa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Mencari harga terbaik: Harap asumsikan bahwa perusahaan pembiayaan/sewa akan menawarkan persyaratan pinjaman terbaik. Luangkan waktu Anda untuk meneliti berbagai perusahaan penyewaan peralatan, serta bandingkan tarif, persyaratan sewa, biaya, dan opsi yang ditawarkan.

  • Lakukan uji kelayakan: Kegiatan ini merupakan langkah sederhana dan mendasar untuk memastikan bahwa Anda bekerja sama dengan penyedia penyewaan aset yang tepercaya dan ternama. Perhatikan ulasan dan profil penyedia penyewaan secara online, dan kontaklah perusahaan lain yang telah mendapatkan layanan mereka.

Lebih spesifik

Memberikan informasi terperinci akan membantu meminimalkan kemungkinan penundaan yang mungkin muncul saat pemberi pijaman meninjau aplikasi Anda, dan meningkatkan peluang Anda agar pengajuan pinjaman Anda disetujui.

Pahami spesifikasi peralatan yang akan Anda peroleh: sampaikan kepada pemberi pinjaman terkait model yang Anda butuhkan, jumlah yang dibutuhkan, tujuan yang diharapkan, dan pemasok peralatan. Lampirkan dokumen yang mendukung akuisisi Anda, seperti faktur dari pemasok Anda, atau gambar peralatan rusak yang ingin Anda ganti. Anda juga harus menunjukkan bagaimana cara peralatan tersebut dapat menguntungkan usaha Anda; dengan memberikan proyeksi pendapatan dan penghematan biaya yang dapat dicapai karena penggunaan peralatan tersebut.

Pertimbangkan sewa gabungan jika Anda membutuhkan beberapa peralatan sekaligus

Anda mungkin ingin menggabungkan seluruh akuisisi Anda di bawah satu sewa apabila Anda membutuhkan beberapa peralatan, karena sewa gabungan biasanya memiliki suku bunga yang lebih rendah. Anda juga dapat menghemat biaya dan waktu pemrosesan, sehingga proses aplikasi berlangsung lebih cepat.

Apa saja opsi pembiayaan usaha kecil yang dapat saya pertimbangkan?

Penyewaan aset adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin mendapatkan peralatan yang digunakan dalam jangka pendek. Akan tetapi, pengajuan pembiayaan ke bank dan pemberi pinjaman tradisional lainnya seringkali membutuhkan waktu yang lama; dibutuhkan waktu beberapa minggu hingga Anda bisa mendapatkan pendanaan yang diajukan.

Dengan demikian, solusi pembiayaan ini tidak cocok bagi UMKM yang membutuhkan pembiayaan dengan cepat—seperti bisnis yang berurusan dengan gangguan peralatan yang tidak terduga. Dalam kasus ini, beralihlah ke pemberi pinjaman alternatif. Pinjaman tanpa jaminan bisa menjadi pilihan yang cocok, karena platform ini menawarkan proses aplikasi yang efisien dan akses cepat ke pendanaan.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha