Pinjaman Jangka Menengah

Cari tahu semua tentang pinjaman jangka menengah, dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Pinjaman jangka menengah dapat memiliki definisi yang bervariasi tetapi secara umum artinya adalah pinjaman yang perlu dilunasi dalam jangka waktu satu tahun. Peminjam akan memperoleh jumlah total pinjaman di muka yang perlu dilunasi melalui angsuran rutin dalam periode waktu yang telah ditentukan.

Dibandingkan dengan pinjaman jangka pendek, pinjaman jangka menengah memiliki tingkat bunga yang lebih rendah serta jangka waktu pembayaran yang lebih lama. Pinjaman jangka menengah biasanya memerlukan persyaratan yang lebih ketat. Misalnya, peminjam harus memiliki skor kredit dan pendapatan yang lebih tinggi serta riwayat operasional yang lebih lama.

Bagaimana pinjaman jangka menengah dapat membantu bisnis saya?

Pinjaman jangka menengah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tipe pengeluaran dengan biaya yang lebih besar, seperti pembelian peralatan, ekspansi ke tempat baru atau pengembangan produk baru. Pilihan ini sesuai untuk bisnis yang sudah melewati tahap awal, memiliki pendapatan yang baik serta ingin melakukan pengembangan dengan skala besar.

Apakah pinjaman jangka menengah tepat untuk bisnis saya?

Berikut adalah beberapa kriteria umum yang dapat membantu Anda untuk menilai apakah pinjaman jangka menengah sesuai untuk bisnis Anda:

  • Anda tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pinjaman tradisional: Bank dan pemberi pinjaman tradisional lain biasa memiliki persyaratan pinjaman yang ketat. Beberapa persyaratan tersebut misalnya harus memiliki riwayat operasional minimum dua hingga tiga tahun atau pendapatan minimum $200.000 per tahun. Jika dibandingkan, pemberi pinjaman alternatif yang menyediakan pinjaman jangka menengah biasa menawarkan persyaratan yang lebih fleksibel. Persyaratan dapat bervariasi namun pendapatan minimum biasanya di angka $100.000 per tahun dan riwayat operasional minimum satu tahun. Dengan demikian, pinjaman jangka menengah dapat menjadi pilihan yang lebih mudah diakses untuk usaha kecil atau usaha yang baru didirikan.

  • Anda memerlukan akses cepat ke pendanaan: Pemberi pinjaman alternatif dapat menyetujui permohonan Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda juga dapat memperoleh pendanaan setelah dua hari setelah permohonan Anda disetujui. Dengan demikian, ini dapat menjadi opsi yang tepat untuk bisnis yang membutuhkan pendanaan secepat mungkin.

  • Anda perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar: Anda dapat melihat pinjaman jangka menengah sebagai pilihan pinjaman yang berada di antara pinjaman jangka pendek dan jangka panjang. Ini bisa menjadi pilihan yang sesuai jika Anda tidak mau mengambil komitmen panjang namun membutuhkan jumlah yang cukup besar untuk melakukan inisiatif dalam mempercepat pertumbuhan bisnis Anda.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman jangka menengah

Bangun skor kredit Anda

Di luar skor kredit bisnis, skor kredit pribadi juga memiliki dampak yang besar pada permohonan pinjaman untuk bisnis. Skor kredit pribadi menunjukkan seberapa baik Anda mampu mengelola keuangan pribadi yang merupakan indikator apakah Anda dapat diandalkan untuk memenuhi pembayaran pinjaman dalam jangka panjang secara tepat waktu. Selain itu, skor kredit yang tinggi dapat membantu Anda mendapatkan ketentuan yang lebih menguntungkan untuk pinjaman yang diajukan.

Untuk mulai membangun skor kredit Anda, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

  • Selalu membayar dengan tepat waktu: Melakukan pembayaran tepat waktu adalah faktor utama untuk meningkatkan skor kredit bisnis Anda. Caton Hanson, salah satu pendiri perusahaan skor kredit bisnis bernama Nav, menyatakan bahwa keterlambatan pembayaran akan tercermin dalam laporan kredit bisnis meskipun hanya terlambat beberapa hari. Jika memungkinkan, lakukan pembayaran lebih awal. Hanson menjelaskan: "Beberapa sistem skor kredit bisnis seperti skor Paydex yang dibuat oleh Dun & Bradstreet memerlukan pembayaran tagihan yang lebih awal untuk mendapatkan skor lebih dari 80 (maksimal 100)."

  • Mengirimkan riwayat pembayaran ke agen pelaporan kredit: Riwayat pembayaran, yang merupakan catatan pembayaran Anda selama ini, memainkan peran penting dalam membangun skor kredit bisnis. Riwayat pembayaran yang baik dapat membantu membangun kredibilitas bisnis Anda; ini menjadi rekam jejak Anda dalam melakukan pembayaran tepat waktu dan dapat membantu meningkatkan skor Anda. Beberapa pemasok dan vendor mungkin tidak mengirimkan informasi ini ke agen pelaporan kredit, jadi Anda lebih baik memastikan dengan bagian hutang usaha mereka. Jika mereka tidak melaporkan, Anda perlu menambahkan informasi riwayat pembayaran ini melalui agen pelaporan kredit.

Untuk membangun skor kredit pribadi Anda, Anda harus:

  • Memantau laporan kredit Anda secara teratur: Periksa laporan kredit Anda paling tidak setahun sekali dan pastikan Anda langsung melapor apabila menemukan kesalahan karena kesalahan kecil seperti kesalahan perhitungan dapat mempengaruhi skor kredit Anda.

  • Melakukan pembayaran tepat waktu: Seperti halnya skor kredit bisnis, membayar tepat waktu adalah faktor utama dalam membangun skor kredit pribadi Anda. Untuk mencegah kemungkinan lupa dan sebagainya, akan sangat membantu untuk mengatur pembayaran otomatis atau menjadwalkan pengingat bulanan.

Apa sajakah pilihan pendanaan untuk usaha kecil yang dapat saya pertimbangkan?

Pinjaman jangka menengah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk UKM yang saat ini sedang dalam tahap pengembangan dan ingin mempercepat pertumbuhannya. Untuk usaha baru atau pemilik usaha kecil yang mencari jangka waktu pinjaman yang lebih pendek, ini bukan solusi yang ideal.

Batas kredit bisnis, pembiayaan tagihan, atau pinjaman tanpa jaminan adalah alternatif pilihan pendanaan yang dapat dipertimbangkan oleh UKM. Cara ini biasa tersedia melalui pemberi pinjaman alternatif yang lebih sesuai untuk usaha kecil karena persyaratan pinjaman yang fleksibel, proses aplikasi yang singkat dan akses cepat ke pendanaan.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha