Pinjaman Jangka Panjang

Cari tahu semua tentang pinjaman jangka panjang, dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Dengan pinjaman berjangka, peminjam diberikan akses ke keseluruhan dana, yang kemudian dibayar kembali dengan bunga selama periode waktu yang telah disetujui sebelumnya.

Dari namanya kita dapat memahami bahwa pinjaman jangka panjang memiliki periode pembayaran terpanjang. Meskipun persyaratannya berbeda-beda tergantung pemberi pinjaman, pinjaman jangka panjang biasanya memiliki periode pembayaran hingga tiga tahun. Apabila dibandingkan dengan pinjaman jangka pendek dan menengah, pinjaman jangka panjang memiliki tingkat bunga dan pembayaran bulanan yang lebih rendah. Selain bank dan pemberi pinjaman tradisional, pinjaman ini juga tersedia melalui pemberi pinjaman alternatif.

Bagaimana pinjaman jangka panjang dapat membantu bisnis saya?

Pinjaman jangka panjang paling sesuai untuk investasi skala besar. Ini termasuk akuisisi bisnis, pembukaan cabang, perluasan lini produk, renovasi skala besar atau pembelian peralatan. Investasi skala besar biasa meliputi kegiatan yang berdampak pada pertumbuhan jangka panjang usaha dan membutuhkan pendanaan dengan jangka waktu yang panjang.

Apakah pinjaman jangka panjang tepat untuk bisnis saya?

Berikut adalah beberapa kriteria umum yang dapat membantu Anda untuk menilai apakah pinjaman jangka panjang sesuai untuk bisnis Anda:

  • Anda memiliki profil yang kuat sebagai peminjam: Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, 50 persen bisnis kecil di Amerika Serikat tidak dapat bertahan lebih dari lima tahun. Usaha semacam ini dianggap sebagai investasi beresiko tinggi sehingga pemberi pinjaman biasanya memberlakukan persyaratan pinjaman yang ketat. Sebagai contoh, pemberi pinjaman tradisional biasanya mengharuskan peminjam untuk memiliki riwayat operasional minimum dua hingga tiga tahun, sejarah kredit yang tidak bercela dan pendapatan minimum $200.000 per tahun.

  • Anda memiliki jaminan yang cukup: Kebanyakan pinjaman bisnis jangka panjang mengharuskan peminjam untuk memberikan aset sebagai jaminan. Namun, perlu diingat bahwa peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman jangka panjang tidak selalu bergantung kepada ketersediaan jaminan yang cukup karena beberapa pemberi pinjaman alternatif tidak memerlukan jaminan. Apabila jaminan tidak dibutuhkan, pemberi pinjaman biasanya akan memerlukan jaminan pribadi atau surat pengakuan hutang yang terkait dengan aset bisnis Anda.

  • Anda siap untuk mengambil komitmen jangka panjang: Ketika mengambil pinjaman jangka panjang, Anda membuat perjanjian yang akan berdampak besar pada keuangan bisnis Anda selama waktu yang lama. Oleh sebab itu, Anda perlu menganalisa situasi secara objektif serta menimbang pro dan kontranya terlebih dahulu. Misalnya, sebagian besar pendapatan Anda akan digunakan untuk membayar kembali pinjaman. Ini akan mempengaruhi seberapa banyak yang Anda miliki untuk dibelanjakan pada aspek lain dari bisnis Anda. Kecil kemungkinan bagi pemberi pinjaman untuk menawarkan pinjaman kepada bisnis yang sudah memiliki hutang lain. Jika pengeluaran yang tidak terduga muncul, ada kemungkinan bahwa Anda dapat menghadapi kesulitan untuk membayarkan biaya pinjaman yang telat diambil.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman jangka panjang

Berikan rencana tindakan yang jelas

Rencana bisnis yang ditulis dengan baik akan memberikan pemberi pinjaman pemahaman yang jelas tentang keuangan bisnis Anda, ke mana arah Anda, bagaimana Anda akan menggunakan dana yang dipinjam dan bagaimana Anda dapat melakukan pembayaran secara tepat waktu dan konsisten. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyusun rencana tindakan yang jelas:

  • Buat sesederhana mungkin: Calon pemberi pinjaman mungkin tidak memiliki pemahaman mendalam tentang bisnis atau industri Anda, jadi hindari penggunaan istilah teknis. Jika ada kebutuhan untuk menjelaskan proyek yang kompleks atau aspek teknis dari usaha Anda, sajikanlah informasi secara sederhana dan mudah dimengerti. Gunakan istilah orang awam beserta grafik dan gambar sederhana dalam menjelaskan.

  • Siapkan dokumen pendukung: Jika Anda mengambil pinjaman untuk membeli peralatan, pemberi pinjaman ingin melihat perinciannya, seperti peralatan apa yang Anda beli, dari mana Anda membeli peralatan itu dan mengapa Anda mau melakukan pembelian peralatan. Oleh sebab itu, menyiapkan dokumen pendukung yang diperlukan sebelumnya akan sangat membantu. Dokumen dapat berupa faktur dari penjual atau dokumen yang menunjukkan bahwa peralatan yang ada saat ini membutuhkan penggantian karena sudah rusak atau usang.

  • Tawarkan beberapa rencana pembayaran: Pemberi pinjaman mungkin tidak setuju dengan semua ketentuan permohonan awal Anda, jadi sebaiknya menyiapkan dua atau tiga rencana pembayaran yang berbeda. Opsi cadangan Anda dapat mencakup ketentuan yang bukan bagian dari proposal awal seperti penggunaan aset sebagai jaminan atau jadwal pembayaran yang berbeda.

Membangun skor kredit pribadi Anda

Memiliki riwayat kredit pribadi yang tidak bercela adalah faktor penting yang dipertimbangkan dalam permohonan pinjaman jangka panjang khususnya untuk UKM yang baru didirikan tanpa riwayat kredit yang jelas. Skor kredit pribadi yang baik menunjukkan bahwa Anda dapat mengelola keuangan pribadi. Ini merupakan indikator bahwa Anda dapat menangani keuangan bisnis dengan cara yang sama dan dapat dipercaya untuk membayar tepat waktu.

Jika skor kredit pribadi Anda belum sesuai dengan yang Anda inginkan, inilah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai meningkatkan skor Anda:

  • Tepat waktu dalam membayar tagihan: Tips ini mungkin sangat jelas namun ini sesuatu yang sering diabaikan oleh pemilik usaha kecil. Menjadwalkan pengingat bulanan atau mengatur pembayaran otomatis melalui PayPal atau kartu kredit dapat mencegah kemungkinan lupa dan sebagainya.

  • Perhatikan laporan kredit Anda: Periksa laporan kredit Anda paling tidak setahun sekali, dan pastikan Anda langsung melaporkan apabila menemukan kesalahan karena kesalahan kecil seperti kesalahan perhitungan dapat mempengaruhi skor kredit Anda.

Apa sajakah pilihan pendanaan untuk usaha kecil yang dapat saya pertimbangkan?

Pinjaman jangka panjang adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin membiayai investasi besar atau inisiatif pertumbuhan yang akan memiliki dampak jangka panjang pada usaha Anda. Jika Anda mencari pendanaan untuk menutupi pengeluaran yang tidak terduga, melakukan pembelian inventaris atau mengatasi fluktuasi musiman, solusi jangka pendek - seperti misalnya pinjaman jangka pendek, batas kredit atau pembiayaan faktur – akan lebih sesuai untuk kebutuhan Anda.

Ketika pinjaman ini ditawarkan oleh bank dan pemberi pinjaman tradisional, ketatnya persyaratan yang diberlakukan dapat menjadi tantangan bagi usaha kecil. Di sinilah pemberi pinjaman alternatif dapat berperan. Platform pemberi pinjaman alternatif dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan usaha kecil dengan menawarkan fleksibilitas, proses yang sederhana, dan akses yang cepat ke pendanaan.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha