Pinjaman Jangka Pendek

Cari tahu semua tentang pinjaman jangka pendek, dan apakah opsi pembiayaan ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Pinjaman jangka pendek adalah opsi pembiayaan yang nanti umumnya dilunasi dalam waktu kurang dari enam bulan. Melalui pemberi pinjaman, Anda akan memperoleh sejumlah dana yang harus dilunasi (bersama dengan biaya dan bunga yang berlaku) secara rutin dalam beberapa kali angsuran.

Berkaitan dengan pinjaman tradisional, pinjaman jangka pendek ditawarkan dalam jumlah uang yang lebih kecil, tingkat bunga yang lebih tinggi dan periode pembayaran yang lebih pendek, serta terkadang juga membutuhkan pembayaran mingguan.

Bagaimana pinjaman jangka pendek dapat membantu bisnis saya?

Seperti namanya, pinjaman jangka pendek diperuntukkan bagi bisnis yang membutuhkan modal sementara. Ini dapat disebabkan karena berbagai hal seperti munculnya biaya tak terduga tiba-tiba atau ketika kesenjangan arus kas terjadi karena fluktuasi permintaan konsumen musiman. Dengan adanya biaya bunga yang lebih tinggi, periode pembayaran yang lebih pendek dan jumlah pinjaman yang lebih rendah, pinjaman jangka pendek bukan pilihan yang cocok untuk membiayai investasi skala besar seperti proyek renovasi total atau kegiatan ekspansi jangka panjang.

Apakah pinjaman jangka pendek tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah kriteria umum yang dapat membantu menilai apakah pinjaman jangka pendek cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda memerlukan akses cepat ke pendanaan: Melalui pemberi pinjaman alternatif, proses pengajuan untuk pinjaman berlangsung lebih cepat dan efisien—dimana proses permohonan dilakukan secara online, membutuhkan lebih sedikit dokumen, dan Anda akan mengetahui persetujuan pinjaman dalam 24 jam dan memperoleh akses ke pendanaan segera setelah disetujui. Ini menjadikannya pilihan yang bagus bagi UMKM yang membutuhkan pembiayaan yang dalam waktu singkat.

  • Anda perlu menangani pengeluaran yang tidak terduga: Pinjaman jangka pendek dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kebutuhan—tidak seperti beberapa jenis pinjaman lain yang mengatur bagaimana pinjaman dapat digunakan. Fleksibilitas ini, ditambah dengan akses cepat ke pendanaan menjadikan pinjaman jangka pendek sebagai pilihan pembiayaan yang ideal untuk menangani pengeluaran bisnis yang tidak disangka-sangka.

  • Anda tidak memenuhi syarat untuk pinjaman tradisional: Pemberi pinjaman alternatif seringkali memiliki persyaratan peminjam yang tak begitu rumit; tidak seperti bank dan pemberi pinjaman tradisional, platform pinjaman model seperti ini tidak memerlukan minimal riwayat operasional dua s/d tiga tahun, atau catatan kredit bisnis yang luar biasa. Dengan demikian, ini bisa menjadi pilihan yang layak untuk usaha kecil atau yang baru mulai—yang gagal memenuhi syarat untuk pembiayaan tradisional.

  • Anda memiliki arus kas yang stabil: Alih-alih pelunasan bulanan, pinjaman jangka pendek biasanya dibayar setiap minggu atau setiap hari. Ini merupakan faktor penting yang harus Anda pertimbangkan jika Anda berurusan dengan arus kas yang tidak konsisten, karena bisa menjadi tugas berat dalam menyelesaikan pembayaran pinjaman Anda nantinya.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman jangka pendek

Meningkatkan skor kredit pribadi Anda

“Mengapa skor kredit pribadi bisa mempengaruhi permohonan pinjaman usaha kecil saya?” merupakan pertanyaan yang kerap ditanyakan banyak pengusaha.

Karena skor kredit pribadi Anda merupakan indikator seberapa baik Anda mampu mengelola keuangan pribadi Anda—dan implikasinya, skor ini menjadi acuan penilaian kreditor mengenai seberapa dapat diandalkan Anda untuk menulasi pembayaran bisnis nanti. Memiliki skor kredit pribadi yang kuat sangat penting jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang baru didirikan tanpa catatan keuangan.

Jika skor kredit pribadi Anda belum sesuai dengan yang Anda inginkan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkannya:

  • Perhatikan dengan seksama laporan kredit Anda: Minimal, Anda meninjau laporan kredit tersebut setahun sekali. Pastikan untuk melaporkan kesalahan yang Anda temui, karena kesalahan kecil seperti miskalkulasi perhitungan dapat mempengaruhi skor kredit.

  • Selalu membayar tepat waktu: Sebuah langkah sederhana, tetapi sangat penting dalam meningkatkan skor kredit Anda. Untuk mencegah kemungkinan kekeliruan, ada baiknya mengatur notifikasi pengingat pembayaran, atau pembayaran pelunasan bulanan secara otomatis.

  • Hindari membuat terlalu banyak permohonan kredit: Ketika Anda mengajukan pinjaman, ada dua jenis pemeriksanaan yang dilakukan: soft pull inquiries dan hard pull inquiries. Yang pertama terjadi ketika kredit Anda ditinjau sebagai bagian dari pemeriksaan latar belakang, sedangkan yang terakhir ketika calon pemberi pinjaman memeriksa kredit Anda sebagai bagian dari keputusan peminjaman. Hard pull inquiries akan tercatat dalam laporan kredit yang terintegrasi dengan bank sentral selama dua tahun, dan dapat berdampak negatif pada skor kredit Anda, sementara soft pull inquiries akan didokumentasikan sebagai catatan dalam database. Anda harus berhati-hati dalam membuat permohonan beberapa pinjaman dalam waktu singkat, karena hal itu dapat memberi kesan kepada calon pemberi pinjaman bahwa Anda hanya ingin mencari dana tanpa berpikir bagaimana cara mengembalikannya.

Memiliki reputasi online yang terpercaya adalah kuncinya

Semakin banyak pemberi pinjaman melakukan pemeriksaan profil anda di seluruh platform online untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda berjalan, daripada sekedar menilai aplikasi Anda berdasarkan faktor-faktor seperti riwayat kredit yang mapan atau pendapatan tahunan minimum tertentu. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengelola reputasi online Anda secara efektif:

  • Bersikap responsif: Cara Anda berkomunikasi dengan konsumen di media sosial menunjukkan bagaimana Anda menjalankan bisnis. Jika Anda responsif dan tepat waktu dalam menjawab pesan dan komentar online, Anda memberi kesan pada calon pemberi pinjaman bahwa Anda mampu membina hubungan positif dengan pelanggan, memberikan pelayanan yang luar biasa dan serius dengan usaha Anda—yang semuanya merupakan tanda bahwa mereka akan berinventasi pada usaha yang tepat.

  • Meminta review: Ulasan atau tinjauan online dari rekat terhadap Anda dapat menampilkan seperti apa bisnis pula yang Anda kelola—hal tersebut menunjukkan bahwa jika bisnis Anda memiliki reputasi baik, permintaan produk atau layanan Anda juga baik dan Anda melibatkan pelanggan secara efektif sebagai sumber saran masukan dan peningkatan bisnis. Memberikan pengingat melalui email atau notifikasi dan menawarkan insentif adalah strategi yang dapat Anda terapkan untuk mendorong pelanggan Anda memberikan ulasan yang positif.

  • Membangun kepemimpinan yang penuh gagasan: Membuat koneksi dengan influencer (orang yang berpengaruh) di industri yang Anda geluti, berpartisipasi dalam acara komunitas, dan tanamkan dana untuk meracik strategi pemasaran berbasis konten yang kuat adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun citra diri Anda sebagai pemimpin yang memiliki banyak gagasan—dan bisnis Anda sebagai perusahaan terkemuka yang membuat investasi berharga.

Di mana saya bisa mendapatkan pinjaman jangka pendek untuk bisnis saya?

Bank dan pemberi pinjaman tradisional biasanya memiliki persyaratan pinjaman yang ketat—seperti memiliki catatan kredit yang luar biasa, minimal riwayat operasional dua hingga tiga tahun atau pendapatan tahunan setidaknya senilai Rp2.000.000.000.

Ketentuan tersebut kerap menyulitkan usaha kecil untuk memenuhi syarat untuk pinjaman tradisional. Meski ada beberapa pilihan pendanaan UMKM untuk pemilik bisnis, munculnya pemberi pinjaman alternatif telah membuka kemungkinan baru. Menawarkan fleksibilitas yang lebih besar, proses permohonan yang efisien dan akses cepat ke pendanaan, kreditur ini dapat menjadi pilihan yang layak bagi pemilik usaha kecil dalam mencari pembiayaan dari pihak luar.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha