Pinjaman Tanpa Jaminan

Cari tahu semua tentang pinjaman bisnis tanpa agunan, dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Seperti namanya, pinjaman tanpa jaminan (atau dikenal juga dengan kredit tanpa agunan) tidak memerlukan agunan dalam bentuk apapun; sebaliknya, peminjam dinilai berdasarkan faktor-faktor seperti skor kredit bisnis Anda dan kekuatan arus kas. Dikarenakan pemberi pinjaman mengambil risiko lebih besar dengan tidak adanya agunan penjamin, pinjaman ini seringkali memiliki tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi, memerlukan pengganti berupa jaminan atau hak gadai pribadi—atau semua hal yang telah disebutkan di atas.

Untuk keperluan apa saja pinjaman tanpa jaminan umumnya digunakan?

Penggunaan umum untuk pinjaman tanpa jaminan meliputi:

  • Mendanai kegiatan ekspansi bisnis: Pinjaman tanpa jaminan bisa dimanfaatkan untuk membiayai beragam kegiatan pertumbuhan bisnis di berbagai industri ̶ mulai dari proyek renovasi dan ekspansi untuk pemilik restoran, hingga pendirian cabang baru atau mengakuisi klinik lokal di daerah lain untuk praktisi kesehatan.

  • Bersiap menghadapi permintaan musiman: solusi pembiayaan yang fleksibel, seperti limit kredit tanpa jaminan dapat menjadi alat yang berguna untuk menyeimbangkan arus kas Anda baik di musim penjualan sedang ramai maupun sepi.

  • Memanfaatkan Peluang yang Hanya Muncul di Waktu Tertentu: Pembiayaan dari pihak luar dapat memungkinkan usaha kecil untuk memanfaatkan peluang bisnis tertentu yang muncul sesaat—sesuatu yang Anda terkadang harus lewatkan., seperti mengambil keuntungan dari potongan diskon pengadaan barang dalam waktu terbatas atau mengamankan lokasi toko ritel yang strategis.

  • Menutupi biaya tak terduga: Kerusakan peralatan, keterlambatan pembayaran, masalah daya guna fasilitas - ini dapat terjadi dari waktu ke waktu,namun hal terakhir yang tidak akan Anda inginkan terjadi adalah masalah ini membuat operasional bisnis Anda tertunda lebih panjang dari yang seharusnya atau atau memberi dampak buruk pada arus kas Anda. Dengan pembiayaan dari pihak luar, Anda akan mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk memperbaiki situasi tepat waktu.

Apa saja macam pinjaman tanpa jaminan yang ada?

Lini kredit

Lini kredit, dikenal juga sebagai kredit bergulir yang memberikan peminjam akses ke sejumlah modal dengan plafon yang telah disetujui lebih dahulu sebelumnya. Anggap ini sebagai sebuah kartu kredit; suatu fasilitas pinjaman dimana Anda dapat melakukan penarikan dana kapanpun dibutuhkan, dan bunga hanya dibebankan sesuai jumlah yang ditarik. Ketika jumlah dana yang ditarik tersebut telah dilunasi, limit kredit Anda akan normal kembali.

Ini adalah solusi yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka pendek, seperti pembayaran gaji karyawan atau pembayaran upah, pengeluaran musiman atau untuk menutupi kesenjangan arus kas.

Merchant cash advance

Merchant cash advance (MCA)—terkadang disebut sebagai pinjaman untuk uang panjar—ditentukan berdasarkan riwayat transaksi kartu kredit Anda. Melalui penyedia rekanan, kebutuhan Anda mereka bayarkan di muka, yang akan dilunasi lewat bagi hasil persentase penjualan harian atau mingguan yang dipotong langsung dari kartu kredit Anda.

Cocok untuk bisnis dengan:

  • Volume pembayaran konsumen via kartu kredit yang besar. Contohnya meliputi restoran dan retailer.

  • Bisnis baru yang belum memiliki skor kredit yang kuat: Dengan MCA, pemberi pinjaman lebih menekankan pada volume pembayaran konsumen via kartu kredit di toko Anda yang konsisten, dan cenderung tidak terlalu peduli dengan skor kredit pribadi atau bisnis peminjam.

  • Fluktuasi musiman: Karena pembayaran berdasarkan pada volume transaksi konsumen dan bisnis Anda, jadi Anda tidak perlu melakukan pembayaran secara tetap, tetapi sebaliknya dapat membayar jumlah yang lebih rendah selama periode jeda atau bisnis sedang sepi.

Pinjaman jangka pendek

Pinjaman jangka pendek adalah opsi pembiayaan yang akan dilunasi dalam waktu enam bulan. Lebih mudah untuk memenuhi syarat pengajuan jangka pendek dibandingkan dengan pinjaman jangka panjang, menawarkan akses cepat ke pendanaan dan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan mendesak—seperti perbaikan darurat atau merekrut pegawai sementara (atau pekerja kontrak). Contoh-contoh pinjaman jangka pendek termasuk MCA, lini kredit dan pembiayaan faktur.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman tanpa jaminan

Tingkatkan skor kredit bisnis dan pribadi Anda

Dalam pinjaman bisnis tanpa jaminan, pemberi mengambil risiko tambahan dengan tidak adanya agunan—sehingga mereka perlu memastikan bahwa Anda memiliki riwayat kredit yang solid, dan dapat dipercaya untuk melunasi pembayaran secara konsisten dan tepat waktu. Semakin baik skor kredit pribadi dan bisnis Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dengan ketentuan perjanjian yang menguntungkan. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda.

Semakin baik skor kredit pribadi dan bisnis Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dengan ketentuan perjanjian yang menguntungkan. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda.

  • Bayar tagihan Anda tepat waktu: Konsisten dan tepat waktu dalam membayar terdengar sederhana, tetapi ini merupakan langkah dasar untuk mendapatkan nilai kredit yang baik. Pastikan Anda tidak lupa untuk menyelesaikan tagihan, bahkan pada saat Anda melakukan pembelian besar – seperti membeli mobil atau properti—dan perlu mengumpulkan sejumlah besar uang tunai.

  • Hindari pengajuan kredit yang tidak perlu: Ada dua jenis pengecekan dalam permohonan pinjaman: soft pull inquiries (pemeriksaan ringan), dan hard pull inquiries (pemeriksaan menyeluruh). Yang pertama terjadi ketika seorang individu atau perusahaan memeriksa kredit Anda sebagai bagian dari pemeriksaan latar belakang, sedangkan yang kedua terjadi ketika sebuah lembaga keuangan memeriksa kredit Anda sebagai bagian dari keputusan peminjaman. Hard pull inquiries akan terdaftar pada laporan kredit bisnis Anda yang terintegrasi dalam sistem Bank sentral, dan mempengaruhi skor kredit Anda untuk pengajuan pinjaman lagi di waktu yang akan datang. Meskipun soft pull check tidak berdampak langsung pada skor kredit Anda, namun cek jenis ini akan tercatat dalam file/dokumen di database. Dengan demikian, Anda perlu membatasi jumlah permohonan yang hendak diajukan, karena tentu Anda tidak ingin nantinya menemui calon pemberi pinjaman dengan riwayat sebagai peminjam yang tidak bertanggung jawab atau seseorang yang berada dalam situasi keuangan yang mengkhawatirkan.

Untuk meningkatkan skor kredit bisnis Anda, Anda harus:

  • Periksa laporan kredit Anda secara teratur: Cek laporan kredit Anda secara berkala, dan pastikan untuk melaporkan kesalahan yang Anda temui—karena kesalahan kecil sekalipun, seperti kesalahan perhitungan dapat berdampak pada skor kredit Anda. Jika Anda perlu bantuan untuk bagian ini, maka bisa mempertimbangkan untuk mendaftar layanan pemantauan kredit. Layanan ini akan mengawasi laporan kredit Anda, dan memberi tahu tentang segala perubahan atau potensi penipuan.

  • Laporkan rekam jejak pembayaran yang baik: Beberapa vendor dapat melaporkan informasi kredit ke biro, sementara yang lain tidak. Sebaiknya Anda bekerja dengan vendor yang selalu melaporkan pembayaran mereka—Anda dapat memverifikasi ini dengan bertanya kepada departemen mereka yang mengurus tentang hutang piutang—tetapi jika mereka tidak melakukannya, Anda dapat menambahkan referensi hubungan perdagangan dengan mereka ke laporan kredit Anda melalui agen pelaporan kredit.

Di mana bisnis saya bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan?

Pemberi pinjaman tradisional biasanya memiliki kriteria pinjaman yang ketat—seperti memiliki riwayat operasional minimum dua hingga tiga tahun, atau pendapatan tahunan setidaknya Rp 2.000.000.000. Persyaratan ini menyulitkan usaha kecil dan startup yang mencari pendanaan eksternal.

Tetapi bank dan pemberi pinjaman tradisional bukan satu-satunya pilihan yang tersedia. Oleh karena itu platform pinjaman online hadir menawarkan fleksibilitas yang lebih besar, dengan proses yang telah disederhanakan, dan akses yang lebih cepat untuk pendanaan sangat cocok untuk kebutuhan pemilik usaha kecil.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha