Pinjaman Tradisional

Cari tahu semua tentang pinjaman lewat cara tradisional, dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Ketika berfikir tentang pinjaman bisnis, maka pinjaman berjangka tradisional biasanya akan muncul di benak Anda. Pinjaman ini adalah salah satu bentuk pinjaman yang paling umum dan mudah dipahami. Anda akan meminjam sejumlah uang yang disetujui sebelumnya dan melunasi pinjaman dalam jangka waktu tertentu, baik pada tingkat suku bunga tetap atau variabel. Panjang jangka waktu pembayaran dapat bervariasi, tetapi biasanya berlangsung antara tiga hingga lima tahun.

Bagaimana pinjaman tradisional dapat membantu bisnis saya?

Pinjaman berjangka tradisional cenderung memiliki jumlah nilai pinjaman yang besar dengan jangka waktu pembayaran yang lama. Secara umum, pinjaman ini digunakan untuk mendanai investasi spesifik, seperti pembelian peralatan, akuisisi bisnis, renovasi besar-besaran atau kegiatan ekspansi jangka panjang.

Apakah pinjaman tradisional tepat untuk bisnis saya?

Berikut ini adalah persyaratan umum yang dapat membantu Anda menilai apakah pinjaman tradisional cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda memiliki profil pinjaman yang kuat: Anda memiliki profil pinjaman yang kuat: Pemberi pinjaman tradisional memiliki persyaratan dan penilaian kredit yang ketat. Proses pengajuan biasanya melibatkan beberapa tahap, termasuk pertemuan secara langsung, presentasi penggunaan pinjaman dan penilaian awal. Peminjam harus memenuhi kriteria permohonan seperti memiliki riwayat operasional minimum dua hingga tiga tahun, minimum pendapatan tertentu dan catatan kredit yang baik. Pemilik usaha kecil sering merasa keberatan untuk memenuhi persyaratan pinjaman tradisional; sementara bank tidak mengungkapkan tingkat persetujuan pinjaman UMKM mereka. Sebuah studi pada tahun 2015 oleh Visa dan Deloitte menunjukkan bahwa 40 persen dari pelaku UMKM kesulitan memenuhi persyaratan kredit karena faktor jaminan dan administrasi lainnya.

  • Anda ingin meminjam dalam jumlah besar: Secara umum, bank menawarkan jumlah pinjaman maksimum yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemberi pinjaman alternatif. Jumlah pinjaman maksimum akan bervariasi, tetapi biasanya berada dalam kisaran Rp 100.000.000 hingga Rp 5.000.000.000.

  • Anda memiliki jaminan yang memadai: Kebanyakan pemberi pinjaman tradisional akan meminta jaminan aset kepada pemilik usaha kecil untuk mendapatkan pinjaman mereka. Jenis aset yang dapat berfungsi sebagai jaminan ialah inventaris, peralatan, faktur, tabungan, kendaraan dan real estate.

  • Anda tidak membutuhkan pembiayaan dalam waktu singkat: Bank dan pemberi pinjaman tradisional biasanya memiliki proses permohonan yang panjang. Lama proses bergantung pada pemberi pinjaman Anda, serta faktor-faktor lain seperti kelayakan Anda dan jumlah pinjaman yang Anda ajukan. Waktu tunggu dapat berkisar dari beberapa minggu hingga dua atau tiga bulan.

Beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman tradisional Anda

Perencanaan dan persiapan awal adalah kuncinya

Diperlukan berkisar satu hingga tiga minggu sebelum Anda mengetahui tentang status pengajuan pinjaman Anda. Karena itu, Anda harus merencanakan dengan matang sebelum melakukan permohonan pinjaman.

Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan sebelum Anda memulai pengajuan permohonan pinjaman dan scan dokumen tersebut sehingga Anda memiliki salinan lunak yang siap dikirimkan secara online. Dengan persiapan yang baik, Anda dapat membantu memastikan bahwa pengajuan Anda berjalan lancar, sehingga prosesnya akan semakin cepat.

Membangun skor kredit pribadi Anda

Skor kredit pribadi Anda mencerminkan seberapa baik Anda mengelola keuangan pribadi Anda. Sehingga, hal ini merupakan indikator tidak langsung terhadap upaya Anda menangani keuangan bisnis Anda, kelayakan Anda dan ketepatan waktu dalam memenuhi pembayaran Anda. Skor kredit merupakan faktor pertimbangan penting bagi pemberi pinjaman terhadap permohonan pinjaman usaha kecil, khususnya bagi pemilik bisnis baru tanpa kredit usaha yang mapan.

Apabila skor kredit pribadi Anda belum sesuai dengan yang Anda inginkan, maka beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan skor Anda ialah:

  • Lakukan pembayaran tepat waktu: Tepat waktu dengan pembayaran tagihan Anda adalah langkah sederhana dan mendasar untuk meningkatkan skor kredit Anda. Adanya pengingat bulanan atau mengatur pembayaran otomatis adalah langkah yang dapat Anda ambil untuk membangun kebiasaan pembayaran yang baik.

  • Pantau laporan kredit Anda: Pantau laporan kredit Anda secara teratur, dan pastikan untuk memperbaiki kesalahan yang Anda temukan, karena kesalahan terkecil sekalipun, seperti kesalahan perhitungan dapat memengaruhi skor kredit Anda. Lebih baik mendaftar ke layanan pemantauan kredit, jika Anda mengelola akun kredit pribadi dan bisnis Anda secara bersamaan. Layanan ini akan terus mengawasi laporan kredit Anda, dan memberi tahu Anda tentang segala perubahan atau potensi penipuan.

Buat rencana bisnis yang solid

Rencana bisnis tidak selalu diperlukan, tetapi menyusun rencana tindakan yang solid akan menunjukkan gagasan yang jelas tentang arah bisnis Anda terhadap calon pemberi pinjaman sehingga akan meningkatkan kredibilitas Anda. Berikut beberapa kiat yang akan membantu permohonan Anda lebih menonjol:

  • Fokuskan pada proyek saat ini dan keberhasilan masa lalu: al ini dapat menjadi tantangan bagi pemilik usaha kecil untuk meyakinkan pemberi pinjaman tentang potensi jangka panjang dari usaha mereka - karena kondisi di masa depan dapat berbeda dengan kondisi Anda saat ini. Namun, lebih mudah meyakinkan pemberi pinjaman tentang potensi Anda dengan memfokuskan pada proyek Anda saat ini dan keberhasilan yang telah digapai. Kegiatan apa yang Anda lakukan saat ini untuk menumbuhkan bisnis Anda? Strategi apa yang telah bekerja dengan baik untuk bisnis Anda, dan bagaimana rencana saya dalam penggunaan dana yang diperoleh untuk memajukan bisnis ini?

  • Sampaikan rencana darurat: Sebutkan kemungkinan skenario terburuk terhadap perjalanan bisnis Anda - seperti jika pengeluaran Anda lebih tinggi dari perkiraan, atau jika Anda mengalami penjualan yang lebih rendah dari yang diharapkan - bersamaan dengan strategi Anda untuk memenuhi pembayaran dalam kondisi ini. Hal ini akan menunjukkan kepada calon pemberi pinjaman bahwa Anda telah memikirkan berbagai skenario dan siap untuk melakukan pembayaran bahkan dalam situasi yang merugikan.

  • Bersiaplah untuk mempresentasikan rencana bisnis Anda: Sebagian besar bank memerlukan presentasi langsung sebagai bagian dari proses pengajuan pinjaman mereka. Hal ini adalah cara bagi pemberi pinjaman Anda untuk mencari tahu lebih banyak tentang bisnis Anda, apa yang Anda butuhkan dan untuk menilai apakah Anda akan merupakan investasi yang baik. Tidak ada ruginya mengantisipasi pertanyaan yang mungkin ditanyakan kepada Anda dengan melakukan presentasi tiruan di rumah/kantor.

Apa saja opsi pembiayaan usaha kecil yang dapat saya coba?

Di samping persyaratan pinjaman yang ketat, proses permohonan yang panjang dapat membuat pinjaman tradisional tidak dapat diakses oleh UKM. Pemilik usaha kecil memerlukan akses cepat ke pendanaan guna memenuhi kebutuhan jangka pendek bisnisnya; pembelian inventaris, perbaikan peralatan, atau memanfaatkan peluang bisnis.

Di sinilah pemberi pinjaman alternatif hadir, yang menawarkan proses pengajuan yang efisien, akses cepat ke pendanaan, dan persyaratan pinjaman yang fleksibel. Platform ini dapat menjadi pilihan yang layak untuk usaha kecil yang membutuhkan pembiayaan eksternal.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha