Pinjaman Grosir

Temukan berbagai pilihan pinjaman untuk bisnis grosir yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pendanaan apa yang biasanya dibutuhkan untuk bisnis grosir?

Perusahaan grosir menjual dan mendistribusikan produk kepada reseller. Pengusaha grosir terbagi menjadi beberapa kategori, yang utama adalah:

  • Pedagang grosir: pedagang grosir mendapatkan produk dari manufaktur, dan menyimpannya sebelum menjual kembali ke konsumen

  • Agen dan produsen: agen dan produsen tidak berhubungan langsung dengan produk, melainkan mereka bernegosiasi transaksi antara penjual dan pembeli

  • Produsen cabang dan kantor: fungsi fasilitas kantor adalah untuk mendistribusikan produk dari produsen sampai ke tingkat pedagang grosir

Pinjaman untuk grosir dapat memenuhi berbagai pengeluaran untuk menjalankan perusahaan grosir seperti berikut:

Membeli stok persediaan

Mendapat pinjaman dapat membantu pebisnis untuk memenuhi kebutuhan investasi, misalnya memiliki persediaan yang cukup untuk memenuhi permintaan konsumen, memperluas penawaran untuk menarik konsumen atau membeli produk grosir dalam jumlah besar yang sedang diskon agar menghemat biaya produksi.

Investasi Teknologi

Otomatisasi, ekspansi global, penjualan dengan omnichannel dan ecommerce B2B adalah tren yang sedang melaju pesat dalam perkembangan distribusi grosir – tentunya perusahaan perlu untuk berinvestasi dalam bidang teknologi untuk memenuhi tren yang sedang berkembang di pasaran ini. Contohnya memodifikasi website, teknologi transaksi cross-border, alat otomatisasi, perangkat untuk manajemen konsumen dan bahkan ecommerce B2B.

Kegiatan Marketing

Untuk mempromosikan produk Anda kepada ritel dan pembeli dengan efektif, Anda memerlukan strategi marketing yang tepat. Umumnya, perusahaan grosir menggunakan metode online dan offline marketing, seperti promosi dengan surel, membuat konten marketing, program member get member, menghubungi calon konsumen, membuat iklan dan mengirimkan surat atau paket berisi contoh produk.

Memperluas Kapasitas Gudang

Tempat penyimpanan yang sempit dan tidak beraturan berpengaruh terhadap efisiensi dan keselamatan pekerja. Pembiayaan dari pihak luar dapat berguna untuk menutupi ongkos yang dibutuhkan untuk memindahkan gudang ke tempat yang lebih nyaman dan luas, atau merenovasi gudang dengan menambahkan lantai atau memperluas kapasitas gudang.

Mengelola Gaji Karyawan

Untuk menjamin aktivitas perusaaan terus berjalan lancar Anda harus memastikan pegawai gudang, bersama dengan tim di kantor dapat bekerjasama untuk mengelola seluruh aspek perusahaan seperti hubungan dengan konsumen, keuangan, dan marketing. Saat masa-masa sulit perusahaan, pilihan pembiayaan dari pihak luar sangat berguna untuk membantu Anda membayarkan gaji karyawan tepat waktu.

Pinjaman jenis apa sajakah yang tersedia untuk bisnis grosir?

Pinjaman dengan jaminan

Jenis pinjaman ini mengharuskan peminjam untuk menyerahkan aset sebagai jaminan kepada penyedia pinjaman. Jika peminjam tidak dapat melunasi kredit sesuai perjanjian, penyedia pinjaman dapat menjual aset tersebut sejumlah hutang yang belum dibayarkan. Pinjaman modal kerja, anjak piutang (invoice financing), dan inventory financing adalah contoh dari pinjaman jenis ini.

Pinjaman tanpa jaminan

Berbeda dengan pinjaman berjamin, pinjaman jenis ini tidak memerlukan agunan, dan disetujui berdasarkan faktor lain seperti kelayakan kredit dan kekuatan keuangan perusahaan Anda. Melalui penyedia pinjaman alternatif, mengajukan permohonan pinjaman tanpa jaminan bisa menjadi cepat dan nyaman. Proses yang efisien, ditambah lagi fleksibilitas yang menawarkan pinjaman untuk dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan usaha.

Anjak Piutang (Invoice Financing)

Anjak piutang adalah pilihan pembiayaan jangka pendek yang memungkinan pengusaha untuk meminjam dana berdasarkan tagihan yang belum dibayarkan kepadanya. Pembiayaan ini adalah pilihan yang tepat untuk grosir berskala kecil sampai sedang, karena biasanya usaha skala ini sering menemukan kesenjangan antara waktu pembayaran kepada penyedia dan waktu pengusaha mendapat bayaran dari para konsumennya.

Inventory Financing

Pinjaman jenis ini adalah pinjaman dengan aset stok persediaan barang/produk Anda sebagai agunan. Pinjaman ini biasanya digunakan untuk keperluan usaha jangka pendek, seperti menutupi kekurangan dana atau membeli stok lain untuk mempersiapkan jika permintaan konsumen meningkat.

Tips untuk membantu Anda menyiapkan pengajuan pinjaman

Untuk mendapatkan pembiayaan dari pihak luar bisa menjadi hal yang sulit bagi usaha berskala kecil dan sedang, namun dengan persiapan yang tepat, prosesnya bisa menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah tips agar Anda percaya diri pengajuan peminjaman disetujui:

Kembangkan Perencanaan yang Jelas

Memetakan rencana yang komprehensif – termasuk memprediksikan penjualan, dana yang keluar dan masuk – dapat membantu calon pemberi pinjaman mengerti detil mengapa mereka harus berinvestasi di perusahaan Anda, hal ini memberikan gambaran kemajuan perusahaan anda enam bulan atau satu tahun ke depan. Penting juga untuk menguraikan strategi Anda membayar kembali pinjaman tersebut, cara ini baik untuk menunjukkan bahwa Anda mampu untuk melakukan pembayaran kredit secara konsisten.

Tunjukkan Anda memiliki nilai jual yang tinggi

Dengan inventory financing, penyedia pinjaman perlu menentukan bahwa produk Anda memiliki nilai jual tinggi. Ingatlah, Anda harus mampu menunjukkan dapat menjual stok yang Anda punya dalam waktu singkat, siapkan juga rekam jejak penjualan perusahaan yang konsisten. Dalam pengajuan, hal ini digunakan sebagai indikasi bahwa Anda dapat mengatur produk agar dapat terjual dengan cepat.

Dimana saya bisa mendapatkan pinjaman untuk bisnis grosir?

Terkadang pendanaan dari pihak diperlukan untuk memperluas usaha dan membiayai kegiatan perusahaan sehari-hari. Namun untuk mendapatkannya bukanlah hal yang mudah, terutama pengajuan kepada pemberi pinjaman konvensional memerlukan persyaratan yang banyak dan prosesnya cukup lama.

Dengan pinjaman online seperti Aspire, proses aplikasi pinjaman dapat menjadi lebih mudah dan cepat – mengirimkan pengajuan hanya membutuhkan hitungan menit dan Anda akan dikonfirmasi dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha