Pinjaman Logistik

Temukan berbagai pilihan pinjaman logistik yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Dana apa saja yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan logistik?

Perusahaan logistik merupakan bisnis berspektrum luas – berperan dalam memastikan bahwa produk diangkut dari produsen dan sampai kepada konsumen. Aktivitas utama perusahaan logistik adalah transportasi, gudang penyimpanan, distribusi, termasuk mengirim dan menerima barang.

Pinjaman dana untuk perusahaan logistik dapat menutupi berbagai macam pengeluaran untuk memastikan perusahaan anda berjalan baik. Berikut adalah kegunaan dana dari pinjaman logistik.

Mengadaptasi Teknologi Baru

Seiring tingginya biaya tenaga kerja dan kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas agar mampu terus bersaing, sangat penting bagi perusahaan logistik untuk mengimplementasikan teknologi baru – seperti perangkat lunak berbasis cloud, robotik dan perangkat analitik yang canggih – agar tetap ada di posisi atas dan untuk peluang pertumbuhan bisnis.

Perusahaan logistik seperti Nin Van contohnya; perusahaan ini menggunakan teknologi algoritma, mesin dan sistem pelacak paket waktu nyata untuk operasional sehari-hari. Menekankan pentingnya teknologi, pendirinya yaitu Lai Chang Wen mengatakan “Ninja Van perlu menjaga budaya digital dan inovasi, untuk mencegah perusahaannya ‘terganggu’ oleh pesaing”.

Membeli Peralatan

Penyedia logistik berbasis aset akan memerlukan investasi signifikan untuk pengadaan armada dan jaringan. Pinjaman peralatan dan leasing adalah pilihan finansial yang mungkin dapat Anda pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan peralatan bisnis Anda.

Mengatasi Dampak Musiman

Musim liburan, begitu juga dengan maraknya pembelajaan di ecommerce dapat menjadi tekanan tersendiri untuk dapat dipenuhi. Dalam mengatasi tantangan musiman ini, perusahaan membutuhkan investasi strategi jangka panjang, contohnya memiliki markas untuk para pengemudi yang siap sedia, atau memanfaatkan alat untuk meramal permintaan dan menyediakan pasokan.

Dana untuk Kegiatan Ekspansi

Pilihan pendanaan dari pihak luar dapat berguna untuk modal rencana ekspansi bisnis Anda, baik menambah tenaga kerja, memperbanyak depot dan ruang penyortiran, membuka lokasi baru atau memanfaatkan kesempatan tidak terduga yang bisa muncul kapan saja.

Apa sajakah jenis pinjaman logistik yang tersedia?

Pinjaman dengan Jaminan

Pinjaman ini mengharuskan peminjam memberikan aset sebagai jaminan kepada pemberi pinjaman. Jika peminjam melakukan tunggakan atau tidak dapat membayar kredit, pemberi pinjaman dapat menjual aset untuk menutupi kekurangan yang belum dibayarkan. Bentuk pinjaman ini biasanya digunakan untuk kegiatan yang memerlukan dana banyak, seperti renovasi besar-besaran dan pengadaan alat kerja.

Anjak Piutang

Dengan pinjaman metode ini, Anda bukanlah berhutang; melainkan, Anda dana berdasarkan tagihan yang sudah ada dan belum dibayarkan oleh pelanggan. Pilihan pembiayaan ini cocok untuk bisnis di bidang logistik, karena memberikan akses cepat terhadap pembayaran faktur-faktur yang sudah terikat dari pelanggan.

Lini Kredit

Lini kredit memungkinkan peminjam untuk mendapat sejumlah dana yang telah disetujui. Anda dapat menarik jumlah sesuai dengan yang dibutuhkan dan membayarkan bunganya sesuai jumlah tersebut. Pilihan ini bersifat fleksibel untuk para pebisnis logistik karena dapat digunakan untuk kebutuhan jangka pendek, seperti menggaji karyawan, ekspansi, atau biaya operasional.

Leasing Peralatan

Leasing peralatan bukanlah hutang; melainkan Anda menggunakan alat dengan perjanjian rental/meminjam.

Dengan begitu, Anda tidak perlu berinvestasi modal dengan membeli peralatan tersebut, tapi Anda membayarnya secara bulanan kepada penyedia barang sesuai durasi yang ditentukan. Saat perjanjian berakhir, Anda memiliki pilihan untuk mengembalikan alat tersebut atau akan membelinya sesuai harga pasar. Pembiayaan ini adalah pilihan umum untuk para pengusaha yang mencari alat teknologi canggih tanpa harus membayar biaya pemeliharaan dan memastikan bahwa mesin-mesin yang digunakan adalah mesin terbaru.

Tips untuk membantu Anda menyiapkan pengajuan pinjaman logistik

Dengan persiapan yang baik, Anda dapat memiliki kesempatan tinggi untuk mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan. Inilah beberapa tipsnya:

Pentingnya waktu pengajuan

Buatlah strategi untuk menargetkan aplikasi pinjaman. Tunjukkanlah kepada penyedia pinjaman bahwa memberi pinjaman untuk usaha Anda adalah investasi yang baik, jangan tunjukkan mengapa Anda memerlukan pinjaman. Maka dari itu, waktu yang tepat untuk mengirimkan pengajuan adalah saat Anda memiliki skor kredit yang baik, dan berpengalaman menjalani bisnis dengan pertumbuhan yang baik setidaknya tiga sampai enam bulan.

Perbaiki kredit skor pribadi Anda

Skor kredit pribadi Anda berpengaruh terhadap pengajuan pinjaman perusahaan. Hal ini dikarenakan garansi secara personal sering dibutuhkan oleh penyedia pinjaman – terutama untuk bisnis baru yang pemiliknya sedang mencari pinjaman, sementara usahanya belum menunjukan kredit bisnis yang kuat.

Kredit skor pribadi anda juga penting sebagai indikasi bahwa Anda mampu mengatur dana, dan Anda dapat membayar tagihan tepat waktu. Selanjutnya, biarkan penyedia pinjaman memutuskan untuk menyetujui pengajuan Anda.

Inilah langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki skor kredit Anda agar bisa mendapatkan pembiayaan dari pihak luar:

  • Tinjau kembali laporan kredit Anda, identifikasi faktor-faktor yang dapat menurunkan skor kredit Anda

  • Pastikan pembayaran kredit Anda tepat waktu. Ada dua kategori kredit: open-end credit dan close-end credit. Open-end credit, disebut juga kredit bergulir yang dapat digunakan berulang kali. Kartu kredit dan pinjaman dengan jaminan rumah adalah contoh kategori ini. Kategori lain adalah closed-end credit yang digunakan untuk keperluan tertentu, dibayar sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Contohnya adalah hipotek dan pinjaman mobil.

  • Jika kredit Anda dipengaruhi oleh faktor yang tidak dapat Anda kontrol, ada dua pilihan untuk mengatasinya: buat surat untuk menjelaskannya (lengkap dengan salinan dokumen yang dapat mendukung klaim Anda), minta bantuan untuk memperbaiki kredit Anda ke kantor layanan kredit.

Dimanakah saya bisa mendapatkan pinjaman untuk bisnis logistik?

Memiliki minimal pendapatan tahunan Rp2.000.000.000, sejarah operasional dua sampai tiga tahun dan perkiraan rata-rata saldo harian sebesar Rp100.000.000 dalam akun bank Anda adalah kriteria yang harus dipenuhi jika akan mengajukan pinjaman ke bank. Belum lagi proses pengajuan bisa sampai satu bulan dan prosesnya yang rumit – hal ini dapat mengganggu kesehatan finansial perusahaan Anda sehingga akan kehilangan kesempatan bisnis.

Dengan aplikasi kredit bisnis Aspire, proses pengajuan pinjaman lebih nyaman dan cepat – mengirimkan pengajuan hanya membutuhkan hitungan menit dan Anda akan mendapat pemberitahuan dalam waktu 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha