Pinjaman untuk Bisnis Manufaktur

Temukan berbagai pilihan pinjaman untuk perusahaan manufaktur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pendaanaan apa saja yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur?

Perusahaan manufaktur menggunakan komponen dan bahan mentah untuk membuat produk jadi yang selanjutnya dijual kepada konsumen, termasuk grosir dan ritel. Perusahaanmanufaktur memiliki bisnis yang beragam – mulai dari produk kimia, metal, sampai makanan dan tekstil.

Pinjaman untuk bisnis manufaktur dapat digunakan untuk berbagai keperluan bisnis, termasuk:

Investasi teknologi

Dengan pertumbuhan teknologi yang sangat cepat, bisnis manufaktur harus dapat beradaptasi untuk tetap mengikuti tren industri. Contohnya adalah revolusi industri yang dinamakan industri 4.0 yang merupakan digitisasi seluruh proses manufaktur, membuat “pabrik cerdas” yang membutuhkan IoT dan otomatisasi.

Untuk perusahaan yang kecil dengan sumber dana yang minim, diperlukan pembiayaan dari pihak luar agar dapat memenuhi kebutuhan teknologi ini.

Membeli mesin dan peralatan

Dengan peralatan yang tepat dapat membantu proses produksi Anda lebih cepat. Alat manufaktur yang mahal biasanya membutuhkan dana eksternal, Anda juga perlu memeriksa kebutuhan serta kelebihan dan kekurangannya dibanding dengan alat lain sebelum memutuskan solusi yang terbaik untuk bisnis Anda.

Pertumbuhan dan perluasan bisnis

Anda memiliki kesempatan untuk melakukan perluasan bisnis dengan menggunakan pembiayaan dari pihak luar. Misalnya menambah unit atau mengambil proyek dengan skala besar.

Menutupi kesenjangan arus kas

Memiliki masalah modal bukanlah hal yang aneh bagi bisnis manufaktur, Anda tentu perlu untuk menutupi pembayaran kepada suplier dan ongkos produksi sebelum mendapat bayaran dari konsumen. Masalah bertambah lagi jika terjadi fluktuasi penjualan, dan permintaan perdagangan yang tinggi sementara produk belum dibayar dari konsumen, atau banyak stok di gudang yang belum terjual. Dalam keadaan seperti ini akan mudah jika Anda mendapat pendanaan yang fleksibel seperti lini kredit untuk menutupi kesenjangan kas.

Membeli Bahan Mentah dan Stok

Biaya dimuka untuk bahan baku dan persediaan dapat bertambah dengan cepat – belum lagi Anda harus menunggu beberapa lama untuk mendapat bayaran dari konsumen. Tanpa modal yang cukup di tangan Anda untuk meningkatkan produksi, Anda dapat kehilangan beberapa kesempatan proyek. Jika sudah begitu, pinjaman seperti lini kredit atau anjak piutang dapat dimanfaatkan.

Jenis pinjaman apa sajakah yang tersedia untuk perusahaan manufaktur?

Anjak Piutang

Pinjaman ini merupakan pinjaman jangka pendek yang memungkinkan pengusaha untuk meminjam sejumlah uang berdasarkan faktur yang belum dibayarkan kepadanya. Ini merupakan pilihan pinjaman yang menguntungkan, apalagi jangka pembayarannya dapat berkisar sekitar 30 sampai 120 hari. Dengan anjak piutang, Anda bisa mendapatkan dana dari tunggakan faktur secara cepat untuk modal bisnis Anda kembali.

Lini Kredit

Disebut juga kredit bergulir, memungkinkan peminjam untuk mendapatkan modal sejumlah yang disetujui. Anda dapat menariknya kapanpun Anda membutuhkan, dan membayarkan bunga sesuai jumlah yang ditarik.

Pinjaman ini nyaman dan fleksibel, dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan – seperti membayar uang muka untuk produksi, mengatasi kesenjangan arus kas karena fluktuasi bisnis atau untuk memperluas pasar.

Pinjaman dengan jaminan

Peminjam harus menyerahkan aset sebagai agunan. Jika peminjam tidak dapat membayar kredit maka aset tersebut dapat dijual oleh penyedia pinjaman untuk menutupi kekurangan yang belum dibayarkan. Contoh dari jenis pinjaman ini adalah pinjaman untuk peralatan dan lini kredit.

Leasing alat dan sewa beli

Leasing berarti perjanjian antara pemilik (lessor) dan peminjam (pengguna aset/lessee), lessor membeli atau membayar aset yang selanjutnya digunakan oleh peminjam, sebagai gantinya peminjam harus membayarnya tiap bulan. Dalam perjanjian sewa, pengguna aset (hirer) membayar sejumlah uang kepada vendor untuk menggunakan aset.

Perbedaannya, pada perjanjian leasing, pengguna aset dapat mengembalikan alat kepada lessor, sementara perjanjian sewa beli, pengguna memiliki aset tersebut jika pembayarannya telah lunas. Selain berdasarkan kepemilikan, kedua perjanjian ini juga berbeda dari pembayaran uang muka, klaim, tingkat hutang dan jenis asetnya.

Tips untuk membantu Anda menyiapkan pengajuan pinjaman

Untuk perusahaan yang kecil, mendapatkan pembiayaan dari pihak luar adalah hal yang sulit – namun dengan tips dan taktik yang tepat, Anda bisa memiliki kesempatan yang lebih besar:

Lini kredit: dapatkan segera sebelum benar-benar dibutuhkan

Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal, waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman jenis ini adalah sebelum Anda benar-benar membutuhkannya.

Hal tersebut dikarenakan, Anda berada di posisi yang baik untuk bernegosiasi– karena Anda akan mendapatkan limit yang lebih tinggi, bunga rendah dan waktu pembayaran yang lebih baik – dibandingkan jika Anda mengajukannya saat memiliki masalah keuangan. Waktu yang baik untuk mengajukan pinjaman ini adalah saat Anda sudah memiliki perkembangan bisnis yang baik dalam tiga sampai enam bulan dan memiliki skor kredit yang baik.

Tonjolkan keberhasilan Anda di masa lalu dan rencana bisnis Anda saat ini

Daripada fokus pada pada proyeksi masa depan dan strategi jangka panjang, akan lebih membantu juga jika Anda menampilkan proyek yang sedang Anda kerjakan, juga dengan proyek atau capaian yang telah berhasil Anda kerjakan, serta bagaimana Anda akan memanfaatkan pinjaman tersebut.

Jika anda memiliki potensi bisnis jangka panjang, akan lebih mudah memberikan gambaran kepada calon pemberi pinjaman bahwa Anda merupakan investasi yang bagus.

Memiliki reputasi online yang baik adalah hal penting

Reputasi online Anda merupakan salah satu pertimbangan untuk calon pemberi pinjaman bahwa Anda adalah rekan bisa diajak bekerjasama, mereka akan memastikan Anda dan rekan Anda dapat dipercaya, dapat membayar tepat waktu, dan tanggap terhadap kebutuhan konsumen.

Biasanya pemberi pinjaman mengecek di situs pencarian seperti Google untuk profil media sosial dan website Anda, maka pastikan semuanya diperbaharui dan berikan respon online yang positif.

Dimanakah saya bisa mendapatkan pinjaman untuk perusahaan manufaktur?

Persyaratan peminjaman yang ribet seperti memiliki riwayat operasional tiga tahun, minimal nilai penjualan tahunan Rp2.000.000.000 dan rata-rata saldo harian Rp100.000.000 sering diajukan oleh penyedia konvensional sebelum menyetujui permohonan Anda.

Bersamaan dengan itu, terdapat peluang yang rendah untuk perusahaan kecil mendapatkan pinjaman. Seperti penelitian tahun 2015 oleh Visa dan Deloitte, 40% pelaku UKM sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank.

Dengan jasa pinjaman online seperti Aspire, mengajukan pinjaman lebih mudah, nyaman dan cepat–mengirimkan permohonan dalam hitungan menit dan Anda akan diinformasikan mengenai status pinjaman dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha