Pinjaman Di Bidang Medis

Cari tahu semua tentang berbagai pilihan pinjaman di bidang medis yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Apa saja keperluan pendanaan bagi para pakar medis pada umumnya?

Sektor pelayanan kesehatan swasta terdiri dari berbagai pakar medis—mulai dari dokter kulit, dokter gigi dan dokter anak, hingga pengobatan alternatif seperti dokter homeopati dan terapis reiki. Dari waktu ke waktu, para praktisi ini mungkin memerlukan pembiayaan dari pihak ketiga untuk mendanai berbagai kebutuhan bisnis, termasuk:

Mengelola gap pada arus kas

Keterlambatan dari bagian penagihan di perusahaan asuransi, kerusakan pada peralatan dan pembayaran invoice yang terlambat adalah beberapa alasan untuk mengetatkan arus kas dalam bisnis medis. Pilihan pembiayaan yang cepat dan fleksibel—seperti lini kredit—dapat berfungsi sebagai sarana yang berguna untuk membantu menutupi pengeluaran-pengeluaran jangka pendek Anda.

Mendanai kegiatan pemasaran

Para praktisi medis biasanya mengandalkan kombinasi strategi pemasaran online dan offline untuk menyampaikan berita tentang bisnis mereka. Marketing campaign pada media sosial, email, konten, optimasi SEO, serta mendorong para pasien untuk memberikan review pada listing Google Places dan profil media sosial Anda adalah strategi yang dapat membantu Anda membangun keberadaan di dunia online yang kuat.

Tergantung dari jenis praktek Anda dan target audiens Anda, hal ini dapat bermanfaat untuk menerapkan siasat dalam offline—seperti terlibat dalam, atau mensponsori acara pameran kesehatan lokal dan acara komunitas.

Pertumbuhan dan ekspansi

Mendapatkan pembiayaan dari pihak ketiga dapat membantu mendanai biaya strategi ekspansi Anda—apakah itu mendirikan cabang baru, membeli saham partner, mengadakan praktisi tambahan atau mengakuisisi atau menggabungkan dengan praktek yang ada.

Investasi dalam teknologi

Berinvestasi dalam peralatan dan perlengkapan yang terbaru dapat menjadi sesuatu yang memerlukan biaya yang intensif—namun ini merupakan langkah penting yang dapat menghasilkan efisiensi dan nilai yang lebih besar untuk praktek Anda.

Selain teknologi-teknologi medis seperti teknologi perangkat yang dapat dikenakan untuk kesehatan, peralatan telemedicine dan catatan medis elektronik, para pakar pelayanan kesehatan juga perlu menguji sarana-sarana yang dapat menciptakan pengalaman yg baik bagi pasien—seperti sistem manajemen praktik dan platform-platform pembayaran online atau non-tunai.

Pembelian dan pemeliharaan peralatan

Jangkauan seorang praktisi medis dalam hal keperluan peralatan bisa sangat luas—dari mendapatkan peralatan diagnostik baru, hingga mengganti alat yang tidak berfungsi dan memperbarui peralatan administrasi.

Anda mungkin harus memanfaatkan perpaduan dari pilihan-pilihan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Penyewaan aset atau perjanjian sewa beli sangat sesuai untuk pembelian yang lebih besar, selagi sebuah solusi yang fleksibel—seperti lini kredit—memberikan sebuah pilihan yang bagus untuk mendanai pengeluaran yang tidak terduga seperti penggantian atau perbaikan peralatan.

Apa saja jenis-jenis pinjaman bisnis medis pada umumnya?

Pinjaman dengan jaminan

Dengan pinjaman dengan jaminan, peminjam diharuskan untuk meletakkan aset sebagai jaminan. Jika peminjam lalai dalam kewajibannya membayar pinjamannya, pihak pemberi pinjaman dapat menjual aset-aset tersebut untuk melunasi jumlah hutang yang dimiliki. Pinjaman dengan jaminan yang biasanya didapatkan oleh praktisi medis meliputi pembiayaan untuk pengadaan peralatan medis dan lini kredit.

Lini kredit

Lini kredit, juga dikenal sebagai kredit bergulir yang memberikan peminjam akses pinjaman ke sejumlah dana yang disetujui sebelumnya. Anggap saja seperti kartu kredit; sebuah fasilitas yang dapat Anda gunakan saat dan ketika dibutuhkan, dan bunga hanya dibebankan pada jumlah yang digunakan.

Berkat fleksibilitas dan keserbagunaannya, lini kredit memberikan sebuah pilihan yang tepat untuk menutup biaya-biaya tak terduga—seperti mengganti peralatan yang tidak berfungsi atau mengelola fluktuasi musiman.

Anjak piutang medis

Menunggu dalam waktu yang lama—yang biasanya berlangsung dengan durasi antara 30 hingga 120 hari—untuk mendapatkan pembayaran klaim medis adalah sebuah tantangan yang umum dihadapi oleh praktisi kesehatan.Jeda waktu ini dapat menyebabkan masalah pada arus kas, terutama untuk usaha baru dan bisnis yang mengalami pertumbuhan yang cepat.

Anjak piutang medis, yang meliputi penjualan tagihan-tagihan ke perusahaan pihak ketiga (agen) adalah pilihan pembiayaan yang dapat Anda manfaatkan untuk dapat menggunakan uang tunai yang masih berhubungan dengan klaim yang belum dibayar dan piutang lainnya. Agen tersebut akan menaikkan persentase terlebih dulu—hingga 80-90 persen—dari klaimnya.Begitu pihak asuransi melakukan pembayaran, agen tersebut akan membayar sisa saldo setelah dikurangi biaya anjak piutang.

Penyewaan aset dan sewa beli

Sebuah kontrak sewa mengacu pada pengaturan antara lessor (pemilik) dan lessee (pengguna aset), di mana lessor membeli sebuah aset untuk penggunaan lessee, dengan imbalan pembayaran sewa. Dalam sebuah perjanjian sewa beli, penyewa (pengguna aset) membayar ke vendor untuk penggunaan aset tersebut.

Salah satu perbedaan utama antara kedua pengaturan tersebut adalah bahwa pada akhir sewa, aset tersebut dikembalikan ke lessor (pemilik), sedangkan dalam perjanjian sewa beli, penyewa (pengguna aset) diberi pilihan untuk memperoleh kepemilikan aset. Kedua pengaturan ini juga berbeda dalam hal pembayaran dimuka, klaim penyusutan nilai, tingkatan hutang, dan jenis-jenis aset yang terlibat.

Pinjaman jangka pendek dan jangka panjang

Sederhananya, pinjaman jangka pendek mengacu pada pilihan pembiayaan yang akan dilunasi dalam kurun waktu enam bulan, sementara pinjaman jangka panjang seringkali membutuhkan pembayaran bertahun-tahun, bersama dengan proses permohonan yang lebih ketat.

Anda harus mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis pinjaman ini, dan menilai kebutuhan bisnis Anda untuk menentukan solusi terbaik bagi usaha Anda. Sebagai contoh, pinjaman jangka pendek bisa menjadi pilihan tepat dalam situasi di mana Anda perlu mengakses dana dengan cepat, karena kemudahan dan proses pendanaannya yang cepat. Namun pinjaman ini biasanya memiliki suku bunga yang lebih tinggi dan jangka waktu pembayaran yang pendek juga—jadi Anda pun harus yakin bahwa penghasilan Anda akan cukup untuk melakukan pembayaran tepat waktu.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman bisnis medis

Buat rencana bisnis yang solid

Untuk meningkatkan peluang agar pinjaman Anda disetujui, Anda harus merancang perencanaan tindakan yang jelas untuk usaha Anda—sebuah gambaran yang memberi gagasan yang jelas kepada pihak pemberi pinjaman tentang bagaimana perkembangan usaha Anda dalam enam bulan atau satu tahun ke depan. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat memandu Anda dalam proses perencanaan Anda:

  • Menyesuaikan perencanaan Anda dengan target audiens Anda: Kriteria pinjaman dari sebuah bank akan sangat berbeda dari pemberi pinjaman alternatif, jadi Anda harus memiliki gagasan yang jelas untuk jenis pemberi pinjaman yang ingin Anda dekati, dan menyusun rencana yang selaras dengan kebutuhan mereka.Riset yang menyeluruh adalah kunci—Anda harus mencari tahu tentang siapa mereka, seperti apa proses mereka, serta jenis bisnis yang mereka investasikan atau bisnis yang mereka ingin berinvestasi di dalamnya.

  • Memuat riset dan statistik industri: Ini sangat relevan untuk usaha baru yang mencari pendanaan, karena pemberi pinjaman yang potensial ingin menilai proyeksi Anda terhadap data pendukung dan langkah-langkah industri. Dan jika Anda memperoleh dana untuk peralatan atau proyek ekspansi tertentu, dengan memuat riset pasar yang menunjukkan permintaan konsumen pada produk-produk, pelayanan, dan aktivitas yang ingin Anda tawarkan, hal ini akan dapat berguna.

Uraikan strategi pembayaran Anda

Pemberi pinjaman Anda ingin tahu bahwa Anda akan melakukan pembayaran yang konsisten dan tepat waktu selama jangka waktu pinjaman Anda—dan satu cara untuk menunjukkan kemampuan Anda untuk melakukannya adalah dengan memetakan strategi pembayaran yang terperinci.

Selain prakiraan pendapatan dan proyeksi arus kas Anda, Anda perlu memasukkan beberapa perencanaan alternatif. Ini akan berfungsi sebagai opsi cadangan, jika pemberi pinjaman potensial menunjukkan keraguan tentang kelayakan strategi pembayaran awal yang telah Anda ajukan.

Di mana saya bisa mendapatkan pinjaman untuk bisnis praktik medis?

Sementara kriteria pinjaman bervariasi di berbagai lembaga keuangan, memiliki riwayat operasional tiga tahun, pendapatan tahunan setidaknya Rp2.000.000.000 dan saldo harian rata-rata Rp100.000.000 yang tersedia di rekening bank Anda adalah contoh-contoh dari persyaratan yang biasanya diharuskan oleh pemberi pinjaman tradisional.

Persyaratan-persyaratan seperti ini, ditambah dengan proses orientasi yang panjang dapat membuat perolehan pembiayaan dari pihak ketiga menjadi tantangan bagi bisnis medis kecil atau praktisi pelayanan kesehatan independen—meskipun jika mereka memiliki praktik yang sehat dan dikelola dengan baik.

Dengan platform pinjaman online seperti Aspire, proses permohonan pinjaman menjadi mudah, efisien dan cepat—penyerahan sebuah permohonan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan Anda akan dikirim pemberitahuan tentang status persetujuan pinjaman Anda hanya dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha