Pinjaman untuk Perdagangan

Pinjaman perdagangan adalah fasilitas kredit bergulir (atau biasa disebut pinjaman rekening koran) yang dapat menutupi kesenjangan keuangan bisnis yang sedang dialami karena masalah pembayaran ke suplier dan yang diterima dari konsumen tidak sesuai.

Pembiayaan apa yang biasanya diperlukan untuk bisnis perdagangan?

Pinjaman untuk bisnis perdangan/trading adalah pilihan pinjaman jangka pendek untuk kepentingan aktivitas jual beri sehari-hari. Cocok untuk pengusaha grosir, distributor, dan importir, pinjaman ini sebagai fasilitas kredit bergulir digunakan untuk pembiayaan transaksi dagang melalui siklus dagang perusahaan. Pilihan finansial ini dapat digunakan untuk menutupi pengeluaran, termasuk:

Menjembatani Kesenjangan Arus Kas

Menghadapi masalah keuangan bukanlah hal yang aneh terutama untuk bisnis kecil. Hal ini bisa terjadi karena waktu tempo untuk membayar ke vendor pemasok sudah dekat sementara Anda belum menerima pembayaran dari para konsumen.

Dengan pinjaman untuk keperluan perdagangan pemilik bisnis dapat dengan mudah memecahkan masalah ini. Plafon kartu kredit konvensional adalah salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran kepada suplier, sementara pinjaman untuk pembiayaan faktur (invoice financing) dapat digunakan untuk mendapatkan kembali modal Anda yang belum dibayarkan dari para konsumen dengan cepat.

Menumbuhkan Aktivitas Keuangan

Pembiayaan dari pihak luar, bisnis berskala kecil dapat memiliki posisi yang baik untuk menumbuhkan modal dan pendapatan-seperti memanfaatkan produk grosir yang sedang diskon untuk mendapatkan profit yang lebih tinggi, memenuhi permintaan skala besar, menawarkan fasilitas cicilan dan memperluas jaringan dengan para suplier dan konsumen internasional.

Pinjaman jenis apa sajakah yang tersedia untuk bisnis perdagangan?

Pinjaman Tanpa Jaminan

Tidak seperti pinjaman dengan jaminan, pinjaman jenis ini tidak memerlukan agunan. Calon peminjam dinilai berdasarkan faktor lain seperti skor kredit perusahaan dan kekuatan aliran kas keuangannya. Pilihan ini sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis – membeli aset baru, menumbuhkan aktivitas perdagangan dan menjembatani kesenjangan arus kas.

Lini Kredit

Dengan pinjaman ini, Anda dapat menarik dana berulang kali hingga jumlah plafon yang telah disetujui cukup dengan satu kali pendaftaran. Bunga hanya perlu dibayarkan untuk sejumlah uang yang diambil, dan kredit dapat dilunasi kapan saja selama jangka waktu pinjaman. Lebih fleksibel dan mudah, pinjaman jenis ini lebih cocok untuk bisnis yang memerlukan beberapa kali pembiayaan untuk proses jual beli yang berlangsung secara terus menerus.

Anjak Piutang (Invoice Factoring)

Pinjaman jenis ini melibatkan penjualan faktur kepada perusahaan pihak ketiga (factor). Awalnya factor akan memberikan prosentasi awal–sampai 90%–dari seluruh jumlah faktur. Setelah konsumen Anda melakukan pembayaran, factor akan membayar sisa pinjaman setelah dikurangi jumlah pinjaman yang pertama diberikan. Pilihan pembiayaan ini umumnya digunakan oleh perusahaan untuk mengatur kesenjangan arus kas yang terjadi selama masa kredit.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan pengajuan pinjaman

Di bawah ini terdapat tiga hal yang dapat Anda implementasikan untuk meningkatkan kesempatan Anda agar pinjaman disetujui:

Bangun kredit skor Anda dengan baik

Mulai dengan meninjau skor kredit usaha Anda secara reguler. Dengan begitu Anda dapat mengerti kekuatan dan kekurangan perusahaan Anda, sehingga Anda dapat menentukan langkah apa saja yang dapat diambil untuk melakukan perbaikan. Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Bayar tagihan Anda tepat waktu: mungkin hal ini terlihat sepele, tapi ini adalah hal dasar; jika Anda gagal, maka Anda masih dipertimbangkan memiliki risiko meskipun Anda melakukan langkah lain untuk melakukan perbaikan skor kredit

  • Laporkan pengalaman positif Anda dalam membayar pinjaman: beberapa penjual harus melaporkan informasi kredit kepada biro, sementara beberapa lainnya tidak harus melaporkan. Baiknya Anda bekerjasama dengan penjual yang melaporkan pembayarannya – Anda dapat mengeceknya kepada bagian pembayaran kantor mereka – tetapi jika mereka tidak melaporkannya, Anda dapat menambahkan referensi lain melalui agen pelaporan kredit.

  • Segera perbaiki kesalahan: informasi tidak akurat, kurang atau bahkan salah dapat membuat bisnis Anda terlihat berisiko kepada penyedia pinjaman, maka Anda harus memeriksa laporan kredit bisnis Anda secara berkala dan melakukan perbaruan jika diperlukan.

Perbaiki skor kredit personal Anda

Meskipun skor kredit pribadi Anda bukanlah faktor utama yang dipertimbangkan, namun ia dapat mempengaruhi proses pinjaman. Biasanya jaminan pribadi dibutuhkan oleh pemberi pinjaman – terutama untuk bisnis baru yang sedang mencari pinjaman, karena usaha ini biasanya belum memiliki kredit yang kuat. Ini juga dapat menjadi indikator seberapa baik Anda dapat mengatur keuangan – hal tersebut dapat mempengaruhi pemberi pinjaman dalam memberikan keputusan.

Sebagai tambahan, periksa faktor lain yang mungkin bisa membuat skor kredit Anda menjadi rendah, salah satunya adalah dengan memastikan bahwa Anda melunasi cicilan kredit tepat waktu. Jika terdapat faktor lain yang tidak dapat dikontrol, Anda dapat mempertimbangkan untuk melampirkan surat penjelasan atau mencari bantuan kepada layanan kredit.

Invoice factoring: profil klien adalah penentu

“Siapa sajakah pihak yang terlibat?” ini adalah pertanyaan penting terutama untuk pengajuan invoice factoring. Untuk meningkatkan peluang pinjaman disetujui, Anda perlu memilih faktur dari klien yang terpercaya. Hal ini sangat penting terutama untuk bisnis baru tanpa riwayat kredit yang kuat, Anda dapat memanfaatkan kelayakan kredit nasabah Anda.

Lini kredit: pengajuan di waktu yang tepat adalah penting

Dengan waktu yang tepat, Anda memiliki kesempatan untuk mendapat limit yang lebih tinggi, bunga rendah dan jangka waktu pengembalian yang lebih akomodatif. Waktu yang tepat adalah saat Anda memiliki bisnis dengan pertumbuhan baik selama tiga sampai enam bulan dan memiliki kredit skor yang baik.

Dimanakah saya bisa mendapatkan pinjaman untuk bisnis saya?

Jasa pinjaman konvensional biasanya memiliki kriteria yang ketat. Umumnya pebisnis memerlukan riwayat menjalani usaha minimal tiga tahun, pendapatan tahunan Rp2.000.000.000 dan saldo harian rata-rata Rp100.000.000 yang tersimpan di akun bank Anda–tentu saja kriteria ini sulit dipenuhi oleh bisnis-bisnis baru atau bisnis yang kecil. Seringnya bisnis-bisnis ini mencari penyedia pinjaman lain.

Dengan Aspire, proses permohonan pinjaman lebih nyaman dan cepat–mengirimkan pengajuan hanya membutuhkan hitungan menit, selanjutnya Anda akan diberitahu status pinjaman dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha