Pinjaman Di Bidang Keteknikan

Cari tahu semua tentang berbagai pilihan pinjaman dalam industri keteknikan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Apa saja jenis-jenis pinjaman di bidang teknik pada umumnya? Pinjaman jangka menengah dan panjang

Apa saja keperluan pendanaan bagi perusahaan di bidang teknik pada umumnya?

Usaha-usaha di bidang teknik mencakup berbagai ukuran dan bidang; dari konsultan independen hingga perusahaan-perusahaan yang menawarkan layanan teknik, bersama dengan konstruksi, pengerjaan, dan pemeliharaan fasilitas. Bidang utamanya meliputi teknik sipil, listrik dan mekanik, sementara perkembangan teknologi yang pesat telah mengarah pada perluasan untuk bidang teknologi yang maju seperti teknik drone, teknik digital dan teknik nuklir.

Pinjaman di bidang teknik dapat menutupi berbagai biaya yang terkait dalam menjalankan usaha Anda. termasuk:

Investasi dalam teknologi

Dalam sebuah lanskap yang berkembang pesat, perusahaan di bidang teknik perlu memanfaatkan teknologi untuk tetap berada di depan kurva. Dengan pembiayaan dari pihak ketigal, mengadopsi teknologi berbiaya tinggi—seperti otomatisasi robot, drone untuk pemantauan proyek, perangkat GPS yang dapat dikenakan dan sistem analisis yang prediktif—dapat dibuat lebih mudah diakses oleh usaha kecil dan menengah.

Menutupi biaya tenaga kerja

Terlepas dari menutupi biaya penggajian, pembiayaan dari pihak ketiga dapat membantu usaha-usaha tertentu menutupi biaya-biaya dalam pelatihan inisiatif karyawan—sebuah tolak ukur yang diperlukan untuk mengatasi kesenjangan bakat yang melebar di sektor teknik.

Pembelian peralatan

Membeli peralatan teknik adalah sesuatu yang memerlukan biaya yang intensif bagi perusahaan-perusahaan di bidang ini—terutama ketika memerlukan mesin dan peralatan yang dirancang khusus.Pilihan pembiayaan dari pihak ketiga dapat membantu menutupi pembayaran di muka jika sebuah perusahaan tidak memiliki dana yang cukup, atau digunakan sebagai modal yang dapat diinvestasikan dalam kebutuhan bisnis lainnya—seperti mempekerjakan orang atau aktivitas-aktivitas pendanaan untuk pertumbuhan perusahaan.

Transisi menuju praktik ramah lingkungan

Tidak dapat disangkal semakin meningkatnya kepentingan akan keberlanjutan; bersama dengan perjanjian perubahan iklim yang ketat, tuntutan yang meningkat untuk praktik ramah lingkungan dan fokus yang lebih besar ditempatkan pada kinerja keberlanjutan perusahaan, penting bagi perusahaan di bidang teknik untuk mengambil langkah-langkah menuju penerapan inisiatif-inisiatif ramah lingkungan. Beberapa contoh inisiatif ini meliputi sistem hemat energi, sertifikasi LEED, solusi pengurangan karbon dan program pengurangan limbah.

Pertumbuhan dana dan kegiatan ekspansi

Kurangnya modal kerja untuk mendanai proyek-proyek skala besar adalah masalah umum yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan kecil di bidang teknik. Karena sudah menjadi kebiasaan dalam suatu proyek, perusahaan sering membutuhkan banyak arus kas untuk menutupi biaya proyek dan biaya penggajian sebelum pembayaran diterima.

KDM Engineering adalah contohnya; sang pendiri Kimberly Moore pernah bercerita bahwa perusahaannya pernah mendapatkan kontrak dengan nilai tujuh digit, tetapi "tidak memiliki modal untuk menopang gaji awal bagi pekerja dan biaya-biaya peralatan" yang disebabkan oleh keuntungan yang lebih kecil dan proyek-proyek yang telah dikumpulkan sebelumnya.Dalam situasi seperti itu, pemberi pinjaman tradisional kadang-kadang menganggap bisnis Anda terlalu baru untuk diberi pinjaman—seperti dalam kasus Moore—jadi Anda mungkin harus mencari opsi pembiayaan dari pemberi pinjaman alternatif.

Apa saja jenis-jenis pinjaman di bidang teknik pada umumnya?

Pinjaman jangka menengah dan panjang

Definisinya mungkin bisa berbeda-beda, tetapi secara umum, pinjaman jangka menengah adalah opsi pembiayaan yang ditetapkan untuk dilunasi dalam kurun waktu satu tahun, sedangkan periode untuk pembayaran kembali pinjaman jangka panjang adalah tiga tahun. Pinjaman ini menawarkan bunga tetap yang lebih rendah dibandingkan pilihan pembiayaan jenis lain, serta pembayaran bulanan yang lebih kecil.

Pinjaman jenis ini umumnya digunakan untuk berinvestasi jangka panjang dalam properti yang berwujud (dengan kata lain disebut sebagai PP&E—Property, Plant dan Equipment), juga untuk menutupi biaya dalam mempekerjakan karyawan-karyawan baru atau membiayai proyek ekspansi.

Penyewaan Aset dan Perjanjian Sewa Beli

Sebuah kontrak sewa mengacu pada pengaturan antara lessor (pemilik) dan lessee (pengguna aset), di mana lessor membeli sebuah aset untuk penggunaan lessee, dengan imbalan pembayaran sewa. Dalam sebuah perjanjian sewa beli, penyewa (pengguna aset) membayar ke vendor untuk penggunaan aset tersebut. Pembayaran dan suku bunga ditetapkan selama masa sewa, dan peralatan dikembalikan ke lessor pada akhir masa sewa.

Dalam perjanjian pembelian sewa, pemberi kerja (pengguna aset) melakukan pembayaran kepada vendor untuk penggunaan aset Penyewa diwajibkan untuk membayar angsuran awal, dan sisanya (bersama dengan bunga) dibayarkan selama selama durasi perjanjian. Pada akhir perjanjian, pemberi kerja memiliki opsi untuk memperoleh kepemilikan aset.

Pinjaman tanpa jaminan dan pinjaman dengan jaminan

Dengan pinjaman dengan jaminan, peminjam diharuskan untuk meletakkan aset-aset sebagai jaminannya. Jika peminjam lalai dalam kewajiban membayar pinjamannya, pihak pemberi pinjaman dapat menjual aset-aset tersebut untuk melunasi jumlah hutang yang dimiliki. Pinjaman dengan jaminan yang biasanya didapat oleh bisnis di bidang teknik meliputi pembiayaan peralatan dan pinjaman berjangka.

Sebaliknya, untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, peminjam tidak harus menaruh aset.Sebagai gantinya, pinjaman ini disetujui berdasarkan faktor-faktor seperti skor kredit dari bisnis yg dimiliki peminjam dan kekuatan arus kasnya. Lini kredit adalah contoh pinjaman tanpa jaminan yang digunakan oleh perusahaan di bidang teknik.

Lini kredit

Lini kredit, juga dikenal sebagai kredit bergulir yang memberikan peminjam akses ke pinjaman yang jumlahnya telah disetujui sebelumnya. Anggap saja sebagai kartu kredit, di mana Anda dapat menggunakannya saat dan ketika Anda membutuhkan, dan bunga hanya dibebankan pada jumlah yang digunakan. Fleksibel dan serba guna, ini adalah opsi pembiayaan yang dapat mencakup berbagai macam kebutuhan bisnis jangka pendek, termasuk kekosongan arus kas karena seasonalitas bisnis, biaya perbaikan tak terduga atau biaya penggajian.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman di bidang teknik

Bersiaplah untuk mempresentasikan bisnis Anda secara non-teknis

Kemungkinan bahwa pemberi pinjaman potensial Anda tidak akan memiliki pemahaman mendalam tentang karakteristik bisnis Anda atau jenis-jenis layanan di bidang teknik yang Anda tawarkan, jadi sebaiknya hindari menggunakan istilah-istilah teknis atau masuk terlalu jauh ke dalam detail proyek Anda.

Tetap sederhana adalah kuncinya; gunakan istilah orang awam jika memungkinkan, dan sertakan gambar atau grafik sederhana jika Anda perlu menguraikan konsep-konsep yang rumit.

Kelola reputasi Anda di dunia online

Keberadaan dunia Anda di dunia online adalah cara untuk menunjukkan kepada pemberi pinjaman potensial bahwa bisnis Anda adalah sebuah otoritas yang andal dan terpercaya—dan dengan mengelolanya secara efektif dapat memberi Anda dukungan dalam permohonan pinjaman Anda.Berikut beberapa langkah-langkah yang dapat Anda terapkan:

  • Bersikap responsif: Responsif di media sosial, serta menanggapi ulasan-ulasan di media online—khususnya yang negatif—menunjukkan bahwa Anda berkomitmen untuk membina hubungan positif dengan pelanggan Anda, dan dengan cepat akan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki situasi demi memperbaiki keadaan.

  • Menjadi seorang pemimpin yang penuh ide: Mengeluarkan opini-opini, tulisan-tulisan yang baik, berjejaring dengan influencer-influencer di industri Anda dan berpartisipasi dalam acara-acara komunitas adalah strategi yang dapat membantu menjadikan Anda seorang yg ahli di bidang Anda—dan akan dapat menyampaikan kepada pemberi pinjaman yang potensial bahwa perusahaan Anda memiliki reputasi usaha yang usahanya mampu melakukan pembayaran tepat waktu dan konsisten.

Di mana saya bisa mendapatkan pinjaman untuk perusahaan teknik saya?

Persyaratan-persyaratan pinjaman yang ketat, seperti memiliki riwayat operasional selama tiga tahun, beserta pendapatan tahunan setidaknya Rp2.000.000.000, biasanya merupakan ketentuan yang diwajibkan oleh pemberi pinjaman tradisional. Sebagai contoh, memiliki riwayat perdagangan yg minim dapat mengakibatkan permohonan pinjaman Anda ditolak—walaupun jika Anda telah menunjukkan laba yang sehat dan memiliki rencana bisnis dan strategi pembayaran yang baik untuk mendukung permohonan Anda.

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan terhadap mereka, para pelaku bisnis kecil semakin beralih ke pemberi pinjaman online untuk pembiayaan dari pihak ketiga. Dengan Aspire, proses permohonan pinjaman menjadi mudah, efisien dan cepat—penyerahan sebuah permohonan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, dan Anda akan dikirim pemberitahuan tentang status persetujuan pinjaman Anda hanya dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha