Pinjaman untuk Pedagang Online

Cari tahu semua tentang berbagai opsi pinjaman pedagang online yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda

Apa kebutuhan pedagang online yang biasa membutuhkan pendanaan?

Pinjaman untuk pedagang online dapat mencakup berbagai pengeluaran terkait dengan bisnis e-commerce sebagai berikut:

Pembelian inventaris

Peluang terbaik untuk membeli inventaris seperti ketika pemasok menawarkan diskon khusus terkadang dapat muncul tiba-tiba. Untuk dapat bereaksi terhadap perubahan semacam ini dengan cepat, Anda membutuhkan fleksibilitas finansial dan di sinilah pinjaman dapat berguna.

Pertumbuhan & ekspansi

Anda mungkin sudah mulai berjualan online dengan beberapa produk dan Anda sudah sampai pada tahap di mana ada permintaan untuk produk baru. Namun, penambahan produk memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda harus berinvestasi untuk melakukan riset pasar serta mendapatkan sumber daya tambahan yang diperlukan untuk mempromosikan produk baru tersebut. Arus kas Anda mungkin tidak cukup untuk mendanai upaya ekspansi tersebut dan di sinilah pinjaman dapat berguna untuk membantu menutupi biaya yang dibutuhkan.

Mengatasi efek musiman

Bisnis e-commerce di semua kategori industri dan produk sangat terpengaruh oleh musim. Dalam sebuah artikel oleh eIQpenyedia layanan e-commerce aCommerce menyoroti periode tertinggi sepanjang tahun untuk pedagang online di Asia Tenggara: liburan akhir tahun di mana “hampir 40 persen penjualan online dihasilkan dalam tiga bulan terakhir ini” serta festival belanja online seperti Single Day yang dilakukan oleh Alibaba.

Apabila Anda mengetahui kapan bisnis Anda akan naik dan turun, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk dapat menerapkan berbagai langkah untuk membantu mengatasi fluktuasi arus kas dan pendapatan. Misalnya, jika perayaan akhir tahun adalah periode yang penting untuk bisnis Anda, Anda perlu memastikan bahwa keuangan Anda cukup untuk mendanai tambahan tenaga kerja, pemasaran, dan upaya logistik yang biasa dimulai pada awal Agustus atau September.

Membangun kehadiran digital yang kuat

Di era digital, memiliki strategi pemasaran online yang menyeluruh adalah kuncinya. Pemasaran konten, penargetan ulang, kolaborasi dengan influencer, pemasaran media sosial dan penjangkauan melalui email adalah contoh strategi yang biasanya digunakan oleh bisnis e-commerce.

Kehadiran online yang kuat bukan hanya penting untuk menjual produk tapi juga penting untuk brand discovery, berinteraksi dengan konsumen, melakukan analisa, dan mendapat umpan balik.

Mr Lee Yee Fung, direktur dari kelompok bisnis gaya hidup di International Enterprise (IE) Singapura menjelaskan: “Pengetahuan ini kemudian dapat memungkinkan penjual untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang tepat bagi konsumen dengan menyeimbangkan strategi offline dan online. Ini akan membedakan mereka dari penjual lain di industri yang kompetitif ini."

Apa jenis pinjaman yang umum bagi pedagang online?

Pinjaman tanpa jaminan

Seperti dapat dipahami dari namanya, pinjaman tanpa jaminan tidak dijamin dengan agunan. Peminjam tidak perlu mempertaruhkan aset demi mendapatkan pinjaman; sebaliknya, pinjaman ini disetujui berdasarkan faktor-faktor lain seperti skor kredit dan kekuatan arus kas bisnis.

Batas kredit

Batas kredit memungkinkan Anda untuk menarik sejumlah dana yang telah disetujui sebelumnya ketika Anda memerlukannya. Ini berbeda dengan pilihan pinjaman lain yang biasa menyediakan keseluruhan jumlah pinjaman di muka (misalnya dengan pinjaman berjangka). Bunga hanya dihitung dari dana yang ditarik dan jumlah yang sudah dilunasi akan tersedia untuk ditarik kembali. Batas kredit merupakan pilihan pembiayaan yang fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis jangka pendek, seperti misalnya mendanai pengeluaran yang tidak terduga, hingga meningkatkan arus kas dan membayar biaya inventaris.

Merchant cash advance

Dengan Merchant Cash Advance (MCA), pemberi pinjaman memberikan pembiayaan dan Anda akan membayar pinjamannya beserta biaya yang diambil dari sebagian hasil penjualan yang menggunakan kartu kredit secara harian.

Salah satu keuntungan terbesar MCA adalah fleksibilitas yang ditawarkan. Pilihan ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis seperti pembelian inventaris, pembayaran tak terduga, dan biaya pemasaran. Dan karena pembayaran didasarkan pada pendapatan harian yang menggunakan kartu kredit, Anda tidak akan terbebani ketika bisnis sedang sepi karena Anda akan membayar jumlah yang lebih kecil.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman untuk pedagang online

Untuk memaksimalkan peluang permohonan pinjaman Anda untuk disetujui, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Jelaskan strategi pembayaran Anda

Untuk meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pinjaman, Anda harus menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan pembayaran secara tepat waktu dan konsisten sepanjang durasi pinjaman.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengumpulkan dokumen yang menguraikan strategi pembayaran Anda. Dokumen tersebut harus mencakup perkiraan pendapatan dan proyeksi arus kas untuk satu hingga tiga tahun ke depan; ini adalah salah satu indikator bahwa Anda akan memiliki cukup uang untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, Anda dapat menyertakan rencana pembayaran alternatif yang akan berfungsi sebagai rencana cadangan dalam skenario terburuk di mana Anda kesulitan melakukan pembayaran pinjaman.

Gunakan pendekatan yang strategis

Dengan merencanakan dan mengidentifikasi kebutuhan jangka pendek serta jangka panjang bisnis Anda, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menerapkan strategi yang dapat memastikan bahwa Anda akan memiliki dana yang cukup sepanjang tahun.

Mulailah dengan meninjau rencana bisnis Anda untuk tahun yang akan datang. Tujuan Anda di sini adalah untuk mengevaluasi kebutuhan Anda selama enam bulan ke depan, dan menguraikan strategi untuk mencapai tujuan Anda.

Selanjutnya, Anda harus fokus kepada rinciannya dan menjawab pertanyaan seperti: "Apa tujuan pinjaman saya? Bagaimana mendapatkan pinjaman ini akan membantu usaha saya?” Ini akan memberi Anda gambaran yang jelas tentang kebutuhan modal Anda dan membantu Anda membuat keputusan berdasarkan berbagai faktor seperti jumlah pinjaman yang harus Anda ambil, jenis pilihan pinjaman yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda dan biaya pinjaman yang masih nyaman untuk Anda.

Terakhir, biasakan untuk meninjau profil kredit Anda setiap bulannya. Dengan melakukan itu, Anda akan memiliki pemahaman yang jelas tentang kekuatan dan kelemahan profil Anda dan dapat mengambil langkah teratur dan konsisten untuk melakukan perbaikan.

Jangan meremehkan pentingnya langkah yang tampaknya sederhana ini karena dapat menentukan apakah permohonan pinjaman Anda akan disetujui. Levi King, salah satu pendiri dan CEO situs layanan keuangan Nav menyatakan bahwa "bisnis yang secara teratur memonitor kredit mereka memiliki kesempatan 41 persen lebih tinggi untuk disetujui ketika mengajukan pinjaman usaha kecil".

Di mana saya bisa mendapatkan pinjaman untuk usaha e-commerce saya?

Bisnis e-commerce sering menemukan tantangan untuk memperoleh pembiayaan dari bank dan pemberi pinjaman tradisional. Bisnis-bisnis ini cenderung memiliki pola penjualan musiman, dan bank menganggap ketidakkonsistenan dalam pendapatan sebagai kelemahan. Selain itu, pemberi pinjaman tradisional sering kali mengharuskan peminjam untuk memiliki sejarah kredit yang tidak bercela serta rekam jejak yang baik dalam dua atau tiga tahun terakhir. Persyaratan semacam ini sulit untuk dipenuhi oleh usaha yang baru mulai menanjak.

Dengan platform pinjaman online seperti Aspire, proses aplikasi pinjaman menjadi mudah, sederhana dan cepat. Mengirimkan permohonan pinjaman hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan Anda akan mendapat informasi mengenai status persetujuan pinjaman Anda dalam 24 jam.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha