Pinjaman untuk Restoran

Cari tahu semua tentang berbagai opsi pinjaman restoran yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Apa saja kebutuhan pendanaan restoran pada umumnya?

Tulisan ini dimaksudkan untuk pemilik yang saat ini sedang menjalankan restorannya. Kami memiliki tulisan lain bagi pemilik yang mau mendanai restoran baru.

Pinjaman untuk restoran dapat membiayai berbagai pengeluaran terkait dengan bisnis restoran sebagai berikut:

Perbaikan tak terduga

Kecelakaan bisa saja terjadi, tetapi hal terakhir yang Anda inginkan dalam operasional F&B yang bergerak cepat adalah gangguan tidak terduga yang menyebabkan penundaan yang lebih lama dari yang diperlukan. Kuncinya adalah mencari solusi yang dapat menyediakan dana secara cepat karena bisnis Anda akan mencatat kerugian yang cukup besar untuk setiap hari atau jam ketika ada peralatan yang tidak dapat digunakan.

Berinvestasi di teknologi paling canggih

Teknologi digital yang canggih dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi, memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dan membantu mengatasi masalah-masalah mendesak yang sering dihadapi sebuah restoran, seperti misalnya kekurangan tenaga kerja. Contoh teknologi baru yang dapat digunakan oleh bisnis F&B meliputi:

  • Solusi pertanian urban untuk mendapatkan bahan segar dengan lebih dekat

  • Sistem POS berbasis cloud

  • Digital CRM dan pengaturan booking (untuk integrasi dengan sistem booking seperti Chope)

  • Vending machine dengan RFID

  • Teknologi robot untuk mempersiapkan makanan

Memerangi efek musiman

Musim perayaan, liburan dan tren makanan - seperti lonjakan popularitas lobster baru-baru ini - dapat menyebabkan lonjakan permintaan secara tiba-tiba. Pinjaman mungkin berguna untuk membantu bisnis Anda menutupi biaya yang diperlukan untuk tenaga kerja tambahan, promosi pemasaran, dan bahan-bahan dalam menghadapi efek musiman pada bisnis Anda.

Pemasaran

Tetap menjadi yang pertama di benak konsumen adalah sebuah tantangan, terutama di tengah ketatnya persaingan industri F&B Singapura. Tempat-tempat baru perlu berinvestasi untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong konsumen untuk mencoba dan membeli, sementara restoran yang sudah mapan perlu fokus pada taktik yang dapat membangun loyalitas kepada merek mereka, mempertahankan pelanggan yang ada serta menghasilkan rujukan dari mulut ke mulut.

Strategi serta channel digital, seperti Google, Facebook, dan influencer, memberikan kesempatan bagi pemilik restoran untuk dapat menarik pelanggan dan berinteraksi dengan mereka.

Proyek ekspansi dan renovasi

Apakah Anda sedang berpikir untuk mengembangkan bisnis restoran Anda? Berikut adalah beberapa tanda bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai ekspansi:

  • Basis pelanggan yang berkembang: Menunggu memang kerap menjadi bagian dari pengalaman bersantap. Namun, apabila pelanggan Anda terus-menerus menunggu untuk dapat duduk atau menikmati hidangan mereka, mungkin sudah waktunya mempertimbangkan untuk memperbesar kapasitas restoran Anda. Ini dapat dilakukan dengan menambah jumlah staf, meningkatkan kapasitas tempat duduk atau pindah ke tempat yang lebih besar.

  • Menambahkan item baru ke menu: Item menu baru, seperti menu teh atau menu koktail dapat menjadi sumber keuntungan tambahan. Selain dari biaya persediaan dan biaya izin untuk menjual minuman keras, Anda juga perlu berinvestasi untuk tenaga kerja tambahan jika penambahan menu teh atau koktail berdampak pada perpanjangan jam operasional restoran.

  • Preferensi konsumen yang berubah: Tren untuk makanan dan restoran dapat berubah dengan sangat cepat. Renovasi interior atau perubahan menu dapat membantu restoran Anda untuk tetap selaras dengan selera konsumen.

Apa saja jenis pinjaman yang tersedia untuk restoran?

Pemilik restoran biasanya tidak memiliki tempat di mana mereka beroperasi dan tidak memiliki sejumlah besar aset kecuali untuk beberapa peralatan dapur yang penting. Oleh sebab itu, pemilik restoran biasanya mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau leasing peralatan.

Pinjaman tanpa jaminan

Berbeda dengan pinjaman yang dijamin - di mana Anda diharuskan untuk memberikan aset tertentu sebagai jaminan - pinjaman tanpa jaminan tidak membutuhkan jaminan dalam bentuk apa pun. Anda akan dinilai berdasarkan faktor lain seperti skor kredit bisnis dan kekuatan arus kas Anda. Jenis pinjaman ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar karena dana dapat dipinjam untuk keperluan apa pun.

Leasing peralatan

Leasing peralatan adalah pilihan yang dapat berfungsi dengan baik jika Anda ingin mendapatkan peralatan baru atau mengganti yang sudah ada. Pada intinya, leasing adalah perjanjian jangka panjang untuk menyewa peralatan.

Daripada melakukan pembelian peralatan secara langsung, Anda dapat melakukan pembayaran bulanan yang lebih kecil kepada pemberi pinjaman Anda. Pembayaran biasa bisa diangsur selama dua hingga lima tahun. Saat masa sewa berakhir, Anda akan memiliki pilihan untuk mengembalikan peralatan atau membelinya dengan nilai pasar yang adil.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman untuk restoran

Margin keuntungan bersih restoran biasanya tipis jadi Anda harus bekerja lebih keras untuk mencari modal dan sumber daya tambahan yang Anda perlukan.

  • Evaluasi kebutuhan Anda: Lakukan evaluasi apakah bisnis Anda membutuhkan pinjaman jangka pendek atau jangka panjang. Pinjaman jangka pendek biasanya digunakan untuk perbaikan tak terduga atau kebutuhan musiman, sedangkan pinjaman jangka panjang digunakan untuk renovasi skala besar, perluasan ke tempat baru atau akuisisi.

  • Miliki rencana tindakan yang jelas: Untuk membangun kepercayaan pemberi pinjaman, Anda harus menunjukkan rencana penggunaan yang jelas untuk dana yang akan dipinjam. Jika Anda memperoleh dana untuk tujuan pemasaran, siapkan dokumen yang merangkum strategi pemasaran Anda dan kinerja strategi tersebut sebelumnya. Jika dana akan digunakan untuk penggantian peralatan, dapatkan faktur dari penjual dan berikan dokumen yang merinci kebutuhan untuk penggantian. Contohnya, gambar yang menunjukkan bahwa peralatan yang ada sekarang sudah rusak atau usang.

  • Diversifikasi adalah kuncinya: Akan sangat baik apabila Anda dapat menunjukkan bahwa Anda dapat membayar sebagian dari biaya yang ingin dipinjam. Anda dapat mempersiapkan bukti kepemilikan dana yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan finansial untuk menutupi sebagian biaya pinjaman. Ini akan membantu mempermudah proses permohonan Anda.

  • Fokus kepada rincian: Penting untuk melakukan persiapan secara terperinci sebelum Anda mencari dana. Selain proyeksi penjualan, keuntungan, dan biaya, Anda perlu memikirkan rincian perencanaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: “Berapa banyak piring yang perlu saya jual di menu makan siang untuk balik modal? Apakah perlu memberikan air secara gratis kepada pembeli?" Jika Anda mencari dana untuk proyek ekspansi, contoh pertanyaan kunci termasuk: "Apakah tempat yang sekarang dapat menangkap peluang bisnis secara maksimum? Apakah saya kehabisan ruang untuk menyimpan persediaan saya? Berapa lama untuk mengganti kerugian yang timbul selama renovasi?”

  • Bangun kemitraan strategis untuk meminimalkan resiko: Pemilik restoran berpengalaman seperti Donald Link, pendiri Herbsaint, menawarkan tip praktis ini: sebarkan resiko untuk meminimalkan peluang Anda terkena hutang yang tidak dapat Anda lunasi. Dalam sebuah wawancara wawancara oleh OPEN Forum, dia membagikan pengalamannya membuka tempat yang populer di New Orleans: "Ada empat orang yang terlibat - saya sendiri, ayah mertua saya, dan dua lainnya. Setiap orang berkontribusi secara individu, selain dari pinjaman yang kami ambil secara bersama-sama.” "Seiring berjalannya waktu, saya dan ayah mertua saya membeli kepemilikan dari yang lain. Namun pada awalnya, lebih masuk akal untuk melakukan bisnis tersebut secara bersama-sama.”

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan: Ini akan membantu Anda untuk selalu siap ketika membutuhkan pendanaan jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, seperti adanya kebutuhan keuangan yang tiba-tiba. Cari dan pelajari platform pinjaman yang memiliki proses permohonan yang efisien, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses pendanaan ketika ada situasi yang mendesak. Pastikan Anda memiliki salinan dari semua dokumen pendukung yang diperlukan.

Di mana saya bisa mendapatkan pinjaman untuk restoran saya?

Bank cenderung memandang pinjaman untuk restoran sebagai investasi yang tidak stabil apabila dibandingkan dengan industri lain karena permintaan pasar yang berubah-ubah di sektor F&B. Beberapa pemberi pinjaman mungkin mengharuskan Anda untuk memiliki catatan yang baik dalam berbagai hal, seperti pengalaman di industri yang relevan, rekam jejak yang baik selama dua atau tiga tahun terakhir, catatan kredit yang tidak bercela, rencana bisnis yang kuat atau bahkan 20-30 persen dari jumlah pinjaman yang diajukan dalam bentuk tunai.

Selain proses pengajuan yang ketat, bank biasanya membutuhkan periode pencairan yang lebih lama - periode ini dapat berlangsung hingga enam bulan. Oleh sebab itu, pinjaman dari bank mungkin kurang cocok untuk pemilik restoran, mengingat tren yang terus berubah dan sifat industri yang terus bergerak dengan cepat.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha