Sewa Beli (Hire Purchase)

Cari tahu semua tentang pembiayaan lewat sewa beli (hire purchase), dan apakah pinjaman ini cocok untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Sewa beli adalah suatu bentuk pinjaman yang dapat memberikan akses bagi pemilik usaha kecil untuk bisa memiliki berbagai aset seperti peralatan, mesin, dan kendaraan.

Dalam perjanjian sewa beli, pemberi pinjaman membeli aset untuk digunakan oleh pemilik usaha (atau biasa disebut penyewa) dan mendapatkan pembayaran pinjaman secara bulanan. Pada akhir masa pinjaman, penyewa akan mendapatkan hak milik atas aset tersebut asalkan semua pembayaran dan ketentuan perjanjian telah dipenuhi. Ini sedikit berbeda dengan konsep leasing di mana penyewa akan memiliki hak opsi untuk membeli aset atau tetap menyewanya saja.

Bagaimana pinjaman pembiayaan untuk sewa beli dapat membantu bisnis saya?

Konsep sewa beli cocok untuk bisnis yang membutuhkan banyak peralatan mahal, seperti misalnya perusahaan konstruksi, teknik dan manufaktur. Melalui pinjaman pembiayaan untuk sewa beli, biaya untuk memperoleh sebuah aset akan tersebar dalam jangka panjang sehingga memungkinkan pemilik bisnis untuk menyimpan modal kerja agar dapat digunakan untuk pengeluaran lain atau kegiatan bisnis lain yang lebih produktif.

Apakah pinjaman pembiayaan untuk sewa beli tepat untuk bisnis saya?

Berikut adalah beberapa kriteria umum yang dapat membantu Anda untuk menilai apakah sewa beli cocok untuk bisnis Anda:

  • Anda mau memperoleh aset untuk digunakan jangka panjang: ewa beli dimaksudkan untuk bisnis yang ingin memperoleh aset untuk penggunaan jangka panjang. Apabila Anda membutuhkan aset untuk penggunaan jangka pendek (seperti ketika Anda berhadapan dengan teknologi yang berkembang pesat atau penggunaan peralatan yang terdepresiasi dengan cepat), menyewa akan menjadi pilihan yang lebih baik.

  • Bisnis Anda mengalami fluktuasi musiman: Kebanyakan pemberi pinjaman sewa beli menawarkan fleksibilitas dalam hal setoran awal dan pembayaran. Ini berarti pihak penyewa dapat menyusun rencana pembayaran dengan memperhitungkan fluktuasi musiman dan memilih rencana yang terbaik dari banyak opsi yang ada, seperti balloon payment, pembayaran tetap atau pembayaran musiman.

  • Aset memiliki nilai jual kembali yang tinggi: Pinjaman sewa beli bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda berencana untuk memperoleh aset dengan nilai jual kembali yang relatif tinggi (seperti misalnya mesin konstruksi atau kendaraan) karena Anda dapat menjualnya kembali pada akhir masa pinjaman.

Tips untuk membantu Anda mempersiapkan permohonan pinjaman sewa beli

Tunjukkan kemampuan untuk membayar kembali pinjaman

Kemampuan membayar kembali pinjaman adalah salah satu pertimbangan utama ketika pemberi pinjaman mengevaluasi permohonan Anda. Dengan demikian, Anda perlu mempersiapkan rencana pembayaran yang terperinci, bahkan rencana pembayaran cadangan, agar permohonan Anda lebih mudah disetujui.

Anda harus memiliki perkiraan pendapatan dan proyeksi arus kas untuk satu hingga tiga tahun ke depan. Pembayaran pinjaman sudah harus diperhitungkan di dalam arus kas untuk memperlihatkan bahwa Anda akan dapat memenuhi pembayaran setelah pengeluaran bisnis lainnya. Persiapkan rencana pembayaran alternatif sebagai cadangan jika permohonan awal Anda ditolak.

Jaga skor kredit pribadi Anda

Skor kredit pribadi Anda mencerminkan seberapa baik Anda mampu mengelola keuangan pribadi dan ini merupakan indikator dari kemampuan untuk menangani keuangan bisnis. Ini juga mengindikasikan kemampuan Anda untuk melakukan pembayaran secara konsisten dan tepat waktu. Sebagian besar pemberi pinjaman akan melihat skor kredit pribadi Anda ketika meninjau sebuah permohonan terutama jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang baru didirikan tanpa riwayat kredit yang jelas.

Jika skor kredit pribadi Anda belum sesuai dengan yang Anda inginkan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkannya:

  • Selalu tepat waktu dalam membayar pinjaman: Ini adalah langkah yang sederhana tetapi mendasar untuk membangun skor kredit Anda. Untuk mencegah kemungkinan lupa dan sebagainya, akan sangat membantu untuk menjadwalkan pengingat bulanan atau untuk mengatur pembayaran otomatis melalui PayPal atau kartu kredit. Jika Anda memperkirakan bahwa Anda tidak dapat memenuhi pembayaran hipotek atau pinjaman pribadi lainnya, pastikan Anda memberi tahu pemberi pinjaman sebelum jatuh tempo. Pemberi pinjaman mungkin akan menyetujui untuk melakukan restrukturisasi hutang yang akan berdampak lebih kecil pada skor kredit Anda.

  • Pantau laporan kredit Anda: Anda harus meninjau laporan kredit Anda paling tidak setahun sekali. Pastikan Anda langsung melaporkan apabila ada menemukan kesalahan karena kesalahan kecil seperti kesalahan perhitungan dapat mempengaruhi skor kredit Anda.

  • Hindari membuat beberapa permohonan pinjaman dalam kurun waktu yang singkat:Membuat beberapa permohonan pinjaman dalam waktu singkat dapat memberikan kesan yang buruk kepada calon pemberi pinjaman. Ini biasanya menandakan bahwa Anda sedang berada dalam situasi keuangan yang sulit jadi ini adalah sesuatu yang perlu dihindari.

Apa saja pilihan pendanaan untuk usaha kecil yang dapat saya pertimbangkan?

Pinjaman sewa beli dapat menjadi pilihan tepat bagi UKM yang membutuhkan pendanaan untuk memperoleh peralatan. Namun, proses permohonan dan persetujuan pinjaman tersebut biasanya panjang dan ketat terutama untuk permohonan ke bank dan pemberi pinjaman tradisional lainnya. Meskipun prosesnya bervariasi, biasanya dibutuhkan beberapa minggu sebelum Anda mendapatkan persetujuan dan mendapatkan akses ke pendanaan.

Munculnya pemberi pinjaman alternatif telah membuka berbagai solusi pembiayaan yang lebih beragam untuk UKM. Pemberi pinjaman alternatif biasanya menawarkan proses yang lebih sederhana, akses lebih cepat ke pendanaan, dan persyaratan pinjaman yang lebih fleksibel. Platform semacam ini dapat menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan bagi pemilik usaha kecil.

Panduan - Wawasan Seputar Kredit Usaha